Connect With Us

KPU Kota Tangerang Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat PPK

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 10 Juli 2024 | 10:12

KPU Kota Tangerang menggelar Bimtek penyusunan laporan tingkat PPK di Days Hotel, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, pada Selasa, 9 Juli 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Tangerang. 

Acara ini berlangsung di Days Hotel, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, pada Selasa, 9 Juli 2024.

Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Teknis, Rustana menyampaikan, tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas PPK dalam mengelola administrasi keuangan secara transparan dan akuntabel. 

Ia menegaskan pentingnya memastikan bahwa laporan keuangan yang disusun oleh PPK harus sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

"Dengan adanya bimbingan teknis ini, diharapkan para PPK dapat memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip akuntansi secara benar dalam setiap laporan keuangan yang disusun," ujar Rustana dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Rustana menegaskan kesalahan dalam penyusunan laporan anggaran harus dihindari.

Bimtek ini menghadirkan para ahli di bidang akuntansi, keuangan, dan hukum sebagai pemateri, si antaranya Chandra Mundiana dari Inspektorat Kota Tangerang, Faturozi, dari Kejari Kota Tangerang, Priyo Basuki dari Polres Metro Tangerang Kota, serta Qoriyatiningsih dari KPU Provinsi Banten. 

Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar akuntansi pemerintahan, prosedur penyusunan laporan keuangan, audit internal dan eksternal, serta mitigasi risiko pidana dalam pengelolaan keuangan.

Peserta juga dibekali pemahaman hukum untuk mencegah terjadinya tindak pidana penyalahgunaan keuangan.

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah menyampaikan, melalui Bimtek ini diharapkan kualitas laporan keuangan KPU Kota Tangerang dapat ditingkatkan untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya bagi semua pihak yang berkepentingan.

Menurut Qori, Transparansi dan akuntabilitas adalah kunci utama dalam pengelolaan keuangan. Oleh karenanya, Bimtek ini merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas penyelenggara yang dilaksanakan oleh KPU Kota Tangerang dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 yang bersih dan berkualitas.

"Kita sebagai penyelenggara harus tertib. Hal-hal baik perlu kita pertegas. Ayo rekan-rekan semua harus bisa saling menjaga," pungkasnya.

BANTEN
Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:26

Dalam rangka menyambut bulan Muharram 1446 Hijriyah, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mengadakan Program Khitanan Sehat dengan tema “Muharram Berbagi untuk Generasi Berprestasi.”

OPINI
Bunuh Diri Jadi Tren, Butuh Solusi Paten

Bunuh Diri Jadi Tren, Butuh Solusi Paten

Minggu, 14 Juli 2024 | 19:35

Miris, bunuh diri seolah telah menjadi tren di negeri ini. Kasus ini sudah menggejala di semua usia tanpa mengenal jenis kelamin.

HIBURAN
Sering Bikin Halusinasi, Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Kecubung 

Sering Bikin Halusinasi, Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Kecubung 

Selasa, 9 Juli 2024 | 18:05

Penyalahgunaan kecubung sering terjadi karena karakter tanaman ini yang mampu menghasilkan efek halusinasi.

KOTA TANGERANG
House of Metamorfit Hadir di Alam Sutera Tangerang, Tawarkan Fasilitas Gym untuk Anak

House of Metamorfit Hadir di Alam Sutera Tangerang, Tawarkan Fasilitas Gym untuk Anak

Sabtu, 13 Juli 2024 | 22:38

Pusat Kebugaran House of Metamorfit (HOM) kini hadir di kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang. Yang berbeda dari sarana olahraga ini adalah tersedianya fasilitas pelatihan gym untuk anak-anak melalui HOM Kids Academy.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill