Connect With Us

8 Kamera Pemantau Macet Dipasang Dishub Tangerang

| Senin, 4 Juni 2012 | 18:28

Gatot Suprijanto (tangerangnews / dira)


TANGERANG-Dinas Perhubungan Kota Tangerang akan memasang delapan kamera tersembunyi di jalan yang rawan kemacetan pada pertengahan 2012 ini.

Teknologi ini disebut ITS yang kepanjangannya adalah Intelligent Transportation System. Sistem ini tidak hanya berguna untuk mamantau kemacetan, tetapi untuk dilakukan rekayasa lalu lintas. Pemkot Tangerang telah merencakan ini sejak beberapa tahun lalu.  

Kadis Perhubungan Kota Tangerang, Gatot Suprijanto mengatakan program ITS sebenarnya sudah diberlakukan pada pertengahan tahun ini. Hal ini bertujuan sebagai sistem kontrol dan monitoring kemacetan lalu lintas.  ITS mengunakan perangkat CCTV, mengambil gambar disetiap persimpangan jalan yang dikendalikan petugas di Central Control Room (CCR) Dinas Perhubungan.
 
Perangkat ITS terkoneksi memantau kepadatan lalu lintas selama 24 jam. ITS telah diterapkan pada persimpangan jalan lampu merah Jalan TMP Taruna, Pusat Pemerintahan, Tanah Gocap, Tanah Tinggi, Benteng Betawi, PLN, Karawaci dan Moderland. 

"Saat ini baru delapan titik dipasang ITS, tahun ini 28 titik persimpangan jalan yang kami targetkan pemasangan ITS,"kata Gatot, Senin (4/5).

Menurutnya, ITS setiap saat memantau pergerakan kendaraan roda dua, angkutan umum, dan jenis kendaraan lain, dimana para pengendara terkadang melintasi batas dan menyerobot lampu merah. Laporan kemacetan akan dikoordinasikan dengan petugas kepolisian setempat.
 
Pengembangan ITS ini tidak saja untuk memperlancar arus lalu lintas atau mengurangi risiko kemacetan, tapi juga sekaligus untuk meningkatkan efisiensi mobilitas dan mengurangi polusi udara. Pemda mengangarkan Rp 6 miliar untuk program tersebut.

"Negara-negara maju sudah mulai mengunakan ITS, " kata Gatot.

Gatot menuturkan, seiring meningkatnya penguna kendaraan pribadi di Kota Tangerang, perilaku pengendara di jalan raya di wilayah itu makin hari terus bertambah dan membuat semerawut lalu lintas. Imbasnya adalah kecelakaan terjadi, oleh karena itu ITS yang memanfaatkan kamera tersembunyi di setiap rambu-rambu lalu  lintas mencoba mematau pergerakan kendaraan perdetik dan menghitungnya.

"Pemicu meningkatnya kecelakaan karena melonjaknya penguna kendaraan yang tidak terkontrol,"kata Gatot. (TMN)

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BANTEN
May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:47

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, dengan mancing bersama buruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 1 Mei 2024.

SPORT
Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Kamis, 2 Mei 2024 | 15:24

Jakarta Electric PLN optimistis dapat meraih kemenangan pada pekan kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024, yang akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill