Connect With Us

Tiap RW Wajib Bentuk Satuan Relawan Kebakaran

| Jumat, 22 Juni 2012 | 17:28

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Eddy Ham ( / )

TANGERANG-Ancaman bahaya kebakaran dapat terjadi kapan saja seiring dengan pesatnya kemajuan infrastruktur di Kota Tangerang. Untuk itu perlu dibentuk Satuan Relawan Kebakaran (Satlakar) di tingkat Rukun Warga (RW).
 
Hal itu dikatakan Ketua Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Eddy Ham, Jumat (22/6). Menurutnya, kebijakan tersebut akan dituangkan ke dalam Raperda.
 
“Penanggulangan bahaya kebakaran bukan menjadi tugas Pemadam Kebakaran saja, tapi masyarakat juga harus tutur serta. Untuk itu, perlu ada kebijakan terkait pembentukan Satlakar di tiap RW, agar bahaya kebarakan bisa diatasi lebih dini di lingkungannya sendiri,” ungkapnya.
 
Eddy Ham menjelaskan, nantinya Satlakar ini minimal terdiri dari 15 orang, yang dibentuk oleh pihak Kelurahan. Jumlah RW di Kota Tangerang sebanyak 1034. Sementara untuk pelatihannya akan diberikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang.
 
“Masing-masing anggota tim memiliki tuganya sendiri, ada yang memadamkan api, ada yang mengatur lalu lintas, ada juga yang menjaga keamanan lokasi kebakaran agar tidak terjadi penjarahan,” katanya.
 
Dengan dibentuknya Satlakar ini, kata Eddy Ham, penanganan kebakaran bisa langsung diatasi, selama menunggu petugas Damkar tiba di lokasi. “Kebakaran sering tidak bisa teratasi karena masyarakat tidak tau cara penanganannya. Sementara petugas Damkar dari pos jaga sampai ke lokasi kebakaran bisa makan waktu 13 hingga 30 menit,” ucapnya.
 
Selain Pembentukan Satlakar, Pansus juga menyusun kebijakan tentang pembentukan Manajemen Keselamatan Gedung (MKG) bagi bangunan gedung yang memiliki karyawan di atas 200 orang. “MKG ini sangat dibutuhkan di Mall atau perkantoran,” pungkas Eddy.

Pihaknya juga mewajibkan agar Pemkot membentuk Pos UPTD Kebakaran di wilayah rawan. Saat ini, Pos tersebut sudah dibangun di 4 titik seperti Ciledug, Karawaci, Koang Jaya dan Batu Ceper. “Nanti kita minta agar dibangun 5 Pos lagi di Benda, Priuk, Pinang, Jatake dan Larangan,.” tambahnya.(RAZ)

HIBURAN
Kenapa Pria Jadi Lebih Manja saat Demam Dibanding Wanita, Ini Penjelasannya

Kenapa Pria Jadi Lebih Manja saat Demam Dibanding Wanita, Ini Penjelasannya

Senin, 6 Mei 2024 | 10:27

Dalam perdebatan mengenai perbedaan kekuatan antara jenis kelamin, istilah "man flu" sering dibahas.

SPORT
Pesta Gol, Persikota Tangerang Bantai Persidago Gorontalo 5-0

Pesta Gol, Persikota Tangerang Bantai Persidago Gorontalo 5-0

Minggu, 5 Mei 2024 | 21:00

Laga lanjutan 80 Besar Liga 3 Nasional di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Minggu, 5 Mei 2024, berakhir dengan skor telak 5-0 untuk Persikota Tangerang atas Persidago Gorontalo.

NASIONAL
Bukan Gelombang Panas, BMKG Sebut Suhu Udara Gerah di Indonesia Gegara Peralihan Musim

Bukan Gelombang Panas, BMKG Sebut Suhu Udara Gerah di Indonesia Gegara Peralihan Musim

Senin, 6 Mei 2024 | 10:39

Belakangan ini suhu udara di sejumlah wilayah di Indonesia terasa lebih gerah dengan cuaca yang panas.

KOTA TANGERANG
Jadwal SIM Keliling Senin 6 Mei 2024 di Kota Tangerang, Tersedia di Plaza Shinta Cimone 

Jadwal SIM Keliling Senin 6 Mei 2024 di Kota Tangerang, Tersedia di Plaza Shinta Cimone 

Senin, 6 Mei 2024 | 08:22

Pada Senin, 6 Mei 2024, Sat Lantas Polres Metro Tangerang Kota kembali menggelar Layanan SIM keliling.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill