Connect With Us

Keren, Myanmar Paling Dermawan di Dunia

EYD | Selasa, 10 November 2015 | 10:12

Meski dikategorikan miskin, Myanmar tercatat sebagai negara paling dermawan di dunia. (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG - Negara mana yang warganya paling dermawan di dunia? Jawabannya adalah Myanmar! Di negeri itu, sembilan dari 10 orang dewasa menyumbangkan uangnya untuk amal.

Sedangkan Burundi menempati posisi terakhir diikuti China, Yaman, dan Lithuania. Demikian menurut hasil studi yang dilakukan yayasan Charitable Aid Foundation (CAF) yang berbasis di London, Inggris.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa makin banyak orang di dunia yang menyumbang untuk amal. Sekitar 1,4 miliar orang tercatat menyumbangkan uang mereka untuk amal pada  2014, atau naik 28,3 persen dibanding 2013.

"Ini membesarkan hati untuk melihat bahwa meski di masa-masa ketidakpastian ekonomi di seluruh dunia, orang-orang semakin cenderung menyumbangkan uang untuk tujuan membantu orang lain," ujar direktur CAF John Low dalam statemen seperti dilansir kantor berita Reuters.

Menurut World Giving Index yang dirilis CAF, Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada dan Australia menyusul posisi Myanmar dalam indeks kedermawanan tersebut. CAF mengukur perilaku amal negara-negara dengan mensurvei orang-orang tentang seberapa sering mereka menyumbang untuk amal, seberapa sering mereka menjadi relawan dan seberapa sering mereka membantu orang asing.

Di Myanmar, sekitar 92 persen responden mengatakan bahwa mereka memberikan uang untuk amal dalam sebulan terakhir. Myanmar juga menempati posisi teratas untuk jumlah relawan, dengan separuh penduduk melakukannya, diikuti kemudian Sri Lanka, Liberia, Selandia Baru, Kanada dan Amerika Serikat.

Survei ini menunjukkan perbedaan mencolok antara tingkat kedermawanan warga Myanmar dengan kondisi negeri itu, terlebih di tengah ramainya pemberitaan mengenai kemiskinan dan penderitaan warga muslim Rohingya di negeri berpenduduk mayoritas Budha tersebut. 

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Senin, 29 April 2024 | 14:54

Seorang pemotor tewas di tempat usai menabrak dump truk yang sedang parkir di pinggir Jalan Raya Taman Tekno Widya, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill