Connect With Us

Kasad Beri Orasi Ilmiah ke Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Tim TangerangNews.com | Minggu, 27 Februari 2022 | 14:08

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan orasi ilmiah kepada para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Auditorium UIN, Jakarta, Sabtu 26 Februari 2022. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan orasi ilmiah kepada para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Auditorium UIN, Jakarta, Sabtu  26 Februari 2022.

Adapun orasi dengan tema "Memperkuat Pertahanan Bangsa dengan Generasi Islami" tersebut,menjadi salah satu rangkaian acara wisuda sarjana ke-123 UIN Syarif Hidayatullah.

Mengawali orasinya, Kasad membahas tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta munculnya fenomena populisme di dunia.

Penyebaran berita bohong dengan menggunakan platform media, serta era post truth menjadi bahasan Kasad berikutnya.

"Apapun faktanya, akan salah di mata seseorang yang telah menerima kebohongan yang berulang-ulang," ujar Kasad prihatin kala membahas bahaya era post truth ini.

Menilik kondisi di Indonesia sendiri, Kasad mengajak seluruh hadirin untuk mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa serta semangat para pendiri bangsa dalam menyusun dasar negara.

Menurut Kasad, pertahanan negara bukan semata menjadi domain TNI, melainkan menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, termasuk mahasiswa, dalam menghadapi ancaman bagi keutuhan dan persatuan bangsa.

Ada empat peran yang bisa mahasiswa ambil dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pertama, sebagai agen perubahan. Kedua.

"Terakhir, sebagai komponen yang memiliki kontrol sosial dalam hidup bermasyarakat," jelas Kasad.

Menutup orasi ilmiahnya, Kasad berpesan agar para mahasiswa bisa mulai memupuk sikap kedermawanan untuk meraih kebahagiaan.

Kasad juga berharap mahasiswa senantiasa melakukan usaha terbaiknya, terutama untuk meraih dan memperjuangkan cita-citanya masing-masing.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill