Connect With Us

Dinas Tata Kota dan Dinkes Tangsel Penyumbang Silpa Terbesar

Bastian Putera Muda | Jumat, 17 Januari 2014 | 17:27

Sekda Tangsel Dudung E Direja dan Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)



TANGSEL-Sisa laporan Penggunaan Anggaran (Silpa) 2013 Kota Tangsel sebesar Rp217 miliar. Dinas Tata Kota Pemukiman Bangunan (DTKPB) dan Dinas Kesehatan merupakan SKPD penyumbang Silpa terbesar. Akibatnya, anggaran ratusan miliar yang tidak terserap harus dikembalikan ke kas daerah.

"Ada dua dinas teknik yang menyumbang silpa terbesar. Seperti DTKPB dan Dinas Kesehatan," kata Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Kamis (16/1).Namun, pihaknya belum melakukan investigasi minimnya penyerapan anggaran di dua dinas tersebut. Sehingga menyebabkan Silpa hingga ratusan miliar rupiah.

"Masih kami evaluasi lebih lanjut. Kalaupun ada kelalaian, pasti akan ada tindak tegas," ucapnya. Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menuturkan penggaran silpa bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran daerah tahun sebelumnya, penggaran silpa diprediksi bersumber dari pelampauan penerimaan PAD, pelampauan pemerimaan dana perimbangan dan penghematan belanja.

"Angka silpa merupakan estimasi sebelum tahun anggaran 2013 berakhir, sehubungan dengan proses penyusunan APBD Tahun 2014 melampaui tahun 2013, maka terdapat selisih lebih kas daerah pada RKUD per 31 Desember kemarin dibandingkan dengan silpa yang direncanakan," terangnya.

Dari hasil paripurna penyerahan nota keuangan tersebut pula, R-APBD 2014 Kota Tangsel mencapai Rp 2 triliun. Dengan rincian pendapatan dari asli daerah (PAD) mencapai Rp 799 miliar, kemudian dana perimbangan direncanakan sebesar Rp 681 miliar. Sementara dari lain-lain pendapatan daerah yang sah, direncanakan sebesar Rp 577 miliar.
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KAB. TANGERANG
Hardiknas 2024, Pj Bupati Tangerang Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Merdeka Belajar 

Hardiknas 2024, Pj Bupati Tangerang Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Merdeka Belajar 

Kamis, 2 Mei 2024 | 19:01

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengajak segenap elemen masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam hal pendidikan.

TANGSEL
Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:22

Seorang satpam Gereja Immanuel di Jalan Maleo Raya, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), jarinya digigit hingga putus oleh juru parkir (jukir) liar.

SPORT
Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Kamis, 2 Mei 2024 | 15:24

Jakarta Electric PLN optimistis dapat meraih kemenangan pada pekan kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024, yang akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill