Connect With Us

Dinas Tata Kota Tangsel Kembangkan Potensi 9 Situ

Denny Bagus Irawan | Minggu, 6 Maret 2016 | 12:44

Ilustrasi Master Plan (Dira Derby / TangerangNews.com)


TANGERANG SELATAN-
Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengembangkan kota masa depan berbasis komunitas yang pada 26 November 2015 lalu itu merayakan hari lahirnya yang ketujuh.  Pengembangan akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun kedepan dengan mengembangkan sembilan Situ dan dilewati lima  sungai yang berada dan melintasi Kota Tangsel.

Sekretaris Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman Kota Tangsel, Mukoddas Syuhada mengatakan, Situ dan Sungai yang ada di Kota Tangsel sangat potensial dikembangkan menjadi kawasan Eco City tempat beraktivitasnya warga kota. Di bantarannya akan dibangun hutan kota dan taman kota, kampung-kampung eksisting ditata menjadi Kampung Eco Wisata Innovatif.

 

“Lahan-lahan tidur dijadikan pusat kegiatan kreativitas yang dikelola oleh komunitas dan disediakan juga pasar ekonomi kreatif untuk memasarkan hasil produk kreatifnya,” ujar Mukoddas.

 

Transportasi  sungai pun akan  dibuat untuk menghubungkan kampung-kampung wisata.  Di pusat kota-nya, akan dibuat pedestrian melayang untuk jalur pejalan kaki, disable dan pesepedah yang dibuat nyaman dan aman seperti penggunaan lift/escalator untuk aksesnya, CCTV dan aplikasi tombol panik di handphone untuk keamanan serta vending machine untuk makanan dan minuman.

“Sedangkan untuk informasi update tata ruang, titik kemacetan, titik bencana, jalur evakuasi dibentuk skua Drone yang beroperasi di jam-jam yang telah direncanakan,” tuturnya.  

 

Kedepan, kata dia, pelayanan publik akan  bisa diakses dengan mudah dan disediakan fasilitaa online untuk memotong waktu dan jalur birokrasi.
Dan semuanya itu terhubung dengan suatu system teknologi informasi yang dipusatkan di Pusat Pemerintahan Kota Tangsel.
Untuk mencegah banjir dan memenuhi kebutuhan air bersih, setiap kawasan dan taman dibuatkan system memanen air hujan dengan cara menyediakan tabung-tabung untuk menampung air yang disimpan di dalam tanah.

 

“Jadi, Kota Masa Depan Tangsel lima tahun kedepan adalah kota yang berbasis komunitas yang akan menggerak-kan perekonomian masyarakatnya dengan berbagai kreativitas dan nilai-nilai sosialnya sehingga Visi Misi Kota Tangsel dapat segera terwujud,” tandasnya. (ADV)

NASIONAL
Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Senin, 29 April 2024 | 09:22

Bulan Mei 2024 akan diwarnai dengan sejumlah libur nasional dan cuti bersama.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill