Connect With Us

Gelar Sosialisasi KAT, Kemensos Gandeng Kampus UIN Jakarta

Yudi Adiyatna | Rabu, 18 Oktober 2017 | 15:00

Kegiatan sosialisasi dan pengenalan Program Komunitas Adat Terpencil (KAT) dari Kemensos di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (17/10/2017). (@TangerangNews.com / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menggelar kegiatan sosialisasi dan pengenalan Program Komunitas Adat Terpencil (KAT) kepada mahasiswa yang diadakan di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Dalam keterangannya, Direktur Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kementerian Sosial (Kemensos) Hasbullah mengatakan, saat ini masih ada sebanyak 123.977 Kepala Keluarga (KK) adat terpencil di Indonesia hidup terbelakang dan saat ini sudah diberdayakan oleh Kemensos.

Dilanjutkan dia, berdasarkan data tahun 2017, dari total 231.268 KK adat terpencil, 123.977 KK sudah diberdayakan Kemensos. “Sedangkan sebanyak 3.955 KK saat ini sedang diberdayakan oleh pihaknya dan sisanya yang belum diberdayakan ada 123.336 KK,” kata Hasbullah.

Selain itu, diungkapkannya  fokus yang dilakukannya dalam pemberdayaan Kelompok Adat Terpencil adalah berupa meminimalisir keterbatasan akses pelayanan dasar, seperti Pendidikan, Kesehatan, dan Pencatatan Penduduk di lokasi-lokasi terpencil.

Dalam melakukan pemberdayaan KAT, pihaknya berpegang pada empat pilar, yaitu peningkatan jangkauan dan kualitas pemberdayaan sosial KAT, peningkatan dan penguatan SDM, sosial, dan budaya.

"Ekonomi dan lingkungan, peningkatan peran pemerintah daerah, kelembagaan masyarakat dan perangkat pelayanan sosial tingkat lokal, serta peningkatan peran aktif masyarakat," terangnya.

Selain program pemberdayaan yang dilakukan pemerintah, pemerintah pun terus berusaha untuk membuka peluang  pendampingan di bidang kemitraan dunia usaha, agar keluarga adat terpencil mendapat layanan kesejahteraan sosial yang sama dengan yang lainnya.(RAZ/HRU)

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill