Connect With Us

Jelang Imlek, Warga Guyub di Vihara Kwang In Thang Tangsel

Yudi Adiyatna | Rabu, 30 Januari 2019 | 21:00

Sekelompok warga ikut membantu membersihkan Vihara dan rupang di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Jelang Tahun Baru Imlek yang akan diperingati pada 5 Februari 2019, sekelompok warga dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan bahu membahu membersihkan Vihara dan rupang di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu cermin kerukunan umat beragama di Kota Tangsel, karena perayaan Tahun Baru Imlek tidak hanya menjadi momentum penting bagi kaum Tionghoa, namun juga pemersatu antar umat beragama.

Kegiatan bersama tersebut meliputi penyucian rupang, sudut-sudut Vihara, dan juga pemasangan lampion, yang biasa identik dengam Hari Raya Imlek. 

Sikap rukun itu tampak saat kegiatan bersih-bersih itu berlangsung karena beberapa tokoh agama Islam, Kristen, dan Hindu turut menghadiri kegiatan tersebut. 

Seperti Novi yang merupakan Biarawati dari Asosiasi Lembaga Misionaris Awam (ALMA). Dirinya dan keempat Biarawati lainnya yang turut dalam kegiatan tersebut mengatakan bermaksud menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama. 

"Tujuannya kami hanya ingin membantu. Walaupun kami disini agamanya berbeda, hanya ingin membantu dan menunjukan toleransi antar umat beragama," jelas Novi. 

Tanpa rasa sungkan, dirinya ikut membersihkan rupang. Novi mengaku dengan ikut serta dalam kegiatan tersebut, perasaannya merasa bahagia.

"Rasanya bahagia luar biasa, suka cita yang luar biasa karena kita datang kesini tidak satu agama, bisa berbaur sama siapa saja," ungkapnya. 

Sementara, Pengawas Yayasan Kwang In Thang, Frankie Sibbald, menjelaskan bahwa nilai persatuan inilah yang menjadi kelebihan di yayasan yang diampunya.

"Salah satu kelebihan Kwan In Thang ini, tokoh-tokoh agama mau bersama-sama ikut dan ini menandakan kerukunan benar-benar terbukti," ucapnya Frankie. 

Ia menambahkan, tidak hanya pada saat kegiatan tersebut, pihaknya juga mengundang para tokoh agama saat  perayaan Hari Raya Imlek nanti. 

"Nanti (Hari Raya Imlek) disini ada doa bersama, silaturahmi tokoh-tokoh agama dari semua agama yang ada di Indonesia. Ada juga atraksi barongsai, kalau jadi, ada sedikit kembang api," bebernya.(MRI/RGI)

KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill