Connect With Us

Bertemu Jokowi di BSD Tangerang, Dhony Rahajoe Jadi Wakil Kepala Otorita IKN

Tim TangerangNews.com | Kamis, 10 Maret 2022 | 19:10

Bambang Susantono (kanan) dan Dhony Rahajoe resmi dilantik sebagai Kepala dan Wakil Kepala IKN Nusantara. (@TangerangNews / dok. Setpres)

TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo resmi melantik Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) di Jakarta, Kamis 10 Maret 2022. Dhony merupakan petinggi di Sinar Mas Land, perusahaan pengembang properti terbesar di Indonesia, dengan jabatan Managing Director President Office.

Dhony yang dilantik bersama dengan Bambang Susantono yang bertugas sebagai Kepala Otorita IKN, juga tercatat sebagai anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB), yang merupakan perguruan tinggi swasta milik grup Sinar Mas.

Berdasarkan rekam jejak digital, sebelumnya Dhony pernah bertemu langsung dengan Jokowi saat meninjau penerapan smart city dan green building di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, pada 24 Desember 2021.

BSD City adalah kota satelit milik Sinar Mas Land. Saat itu, Dhony berkesempatan menjelaskan secara langsung kepada Presiden terkait pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota. Pada kunjungan tersebut, Jokowi diberitakan sangat tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office di BSD City.

Selang beberapa hari setelah kunjungan Jokowi tersebut, giliran Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan studi banding IKN ke Kawasan BSD City.

Pada kesempatan tersebut, Dhony Rahajoe selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land kembali mendapat kesempatan memberikan penjelasan kepada Mensesneg dan Menteri PUPR.

Ketika itu, Dhony menyampaikan bahwa dia merasa terhormat dapat menerima kunjungan dari sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait rencana Pemerintah dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Dia berharap pengalaman Sinar Mas Land dalam mengembangkan kawasan BSD City dapat menjadi inspirasi oleh Pemerintah untuk mengembangkan IKN.

Pertemuan Dhony dengan Jokowi dan jajaran menteri di BSD itu ternyata menjadi awal keputusan Jokowi menunjuk dia menjadi Wakil Kepala Otoritas IKN. Hal itu diungkapkan Dhony dalam keterangannya seusai pelantikan dirinya sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

"Saya dihubungi Pak Pratikno seminggu setelah kunjungan Presiden ke tempat pengembangan di BSD," beber Dhony seusai pelantikan dirinya di Istana Negara Jakarta, Kamis 10 Maret 2022, seperti dilansir dari Antara.

Dhony mengatakan setelah itu diskusi cukup panjang berjalan, di mana dirinya dimintai berbagai pendapat berkaitan dengan pembangunan IKN. "Dan baru kemarin, Rabu itu, ada perintah yang meminta saya untuk membantu menyukseskan pembangunan IKN," ungkapnya.

Dhony mengaku sejak pelantikan dirinya tersebut, dia sudah menyiapkan rencana pengunduran dirinya dari Sinar Mas, Sinar Mas Land, dan beberapa perusahaan terkait. "Jadi (saya) akan fokus untuk melaksanakan tugas," ucapnya.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 10 ayat 1 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, mekanisme pemilihan kepala Otorita IKN dan

wakil kepala Otorita IKN dilakukan berbeda dengan metode pemilihan kepala daerah lainnya.

Di Pasal 10 ayat 3 UU tersebut dijelaskan kepala Otorita IKN dan wakil kepala Otorita IKN untuk periode pertama ditunjuk dan diangkat oleh Presiden tanpa melalui mekanisme konsultasi dengan DPR.

Posisi kepala dan wakil kepala IKN dijabat selama lima tahun sejak pelantikan, yang setelahnya dapat ditunjuk dan/atau diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama. Tugas kepala dan wakil kepala IKN akan diatur melalui peraturan presiden (perpres).

Dalam pasal 12 UU IKN dijelaskan Otorita Ibu Kota Nusantara, sebagai penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara, diberi kewenangan khusus.

Kekhususan tersebut antara lain kewenangan pemberian perizinan investasi, kemudahan berusaha, serta pemberian fasilitas khusus kepada pihak yang mendukung pembiayaan dalam rangka kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN, serta pengembangan IKN dan daerah mitra.

Dalam kapasitasnya sebagai Wakil Kepala IKN, Dhony Rahajoe akan bertugas membantu Kepala IKN yang juga baru dilantik yakni Bambang Susantono.

Dihubungi secara terpisah, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong meyakini kolaborasi Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe merupakan kombinasi yang baik dari segi profesionalisme.

"Mereka punya keahlian dan pengalaman yang saling melengkapi. Ada pengalaman di pemerintahan dan juga di sektor swasta," ujar Wandy.

Wandy mengatakan Bambang Susantono memiliki keahlian di bidang transportasi, infrastruktur dan perhubungan; pengalaman di bidang manajemen dan lembaga internasional serta di pemerintahan.

Sedangkan Dhony Rahajoe, menurutnya, memiliki pengalaman dalam pengelolaan BSD City selaku kota satelit yang sukses.

Dia menambahkan, Otorita IKN akan bertugas menyelesaikan sejumlah aturan selaku turunan UU IKN, mempersiapkan kelengkapan organisasi, serta berkoordinasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dan kementerian terkait yang selama ini mempersiapkan rancangan IKN.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill