Connect With Us

Banten Siap Bangun Monorel Tangsel-Bandara

| Selasa, 21 Desember 2010 | 17:22

Ekspos Monorail, Tangsel-Bandara (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Provinsi Banten melalui Dinas Perhubungan berencana siap membangun transportasi massal baru ke Bandara Soekarno-Hatta, yakni Monorel (kereta layang).
 
 Alasannya, karena untuk mengurangi kemacetan di jalan darat. Rencana itu, kemarin di ekspos oleh Dinas Perhubungan Banten dan Tangsel di depan pengusaha, dan DPRD Banten di Hotel Santika, Serpong. Tangsel.
 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Husni Hasan mengatakan, rencananya pihaknya akan membangungn monorel, dari Stasiun Rawa Buntu, Tangsel ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Panjang monorel itu mencapai 22 kilometer dan lebar sekitar 10 menter. “Monorel ini akan mengurangi beban kemacetan di jalan darat. Ini tidak akan hanya menyedot kemacetan di wilayah Tangerang, tetapi juga Jakarta, Depok dan Bogor,” katanya, hari ini.
 
Sebab, kata Husni, penumpang pesawat ke Bandara Soetta sebenarnya adalah bermukim di wilayah Jakarta Selatan, Tangerang, Depok dan Bogor.   Terlebih, di Jalan Raya Serpong kini sehari di lintasi kendaraan baik roda dua dan empat mencapai 9.200 kendaraan. “Monorel ini akan melintasi Rawabuntu, Serpong dan Tangerang. Saya kira ini akan didukung dengan pengembang perumahan yang ada disekitar Serpong, seperti BSD City dan Alam Sutera,” katanya.
 
Monorel, kata Husni , berbeda dengan Kereta Api yang biasanya bising. Selain itu, monorel akan bisa menghemat pengeluaran, mencegah global warming apalagi jika nanti Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidinya dicabut. Dengan harga tiket Rp20.000, pihaknya optimistis bisa mengangkut penumpang sebanyak 38 juta pertahun. “Dengan harga tiket sekitar itu, investasi akan cepat kembali. Karena jika dihitung pertahun akan mengembalikan nilai investasi sekitar Rp144 miliar,” katanya.
 
Ditanya berapa nilai investasi yang dibutuhkan dan dari mana anggarannya. Husni mengaku, proyek ini membutuhkan sekitar Rp2,5-Rp3 Triliun. Soal dari mana anggarannya, dia mengaku, saat ini APBD Provinsi Banten atau Tangsel tidak akan mampu mencovernya. “Meksi begitu, kita bisa meminjam ke pusat dengan menunjukan kemampuan APBD. Jika realistis, pasti pusat akan mengeluarkan. Ada dua pilihan, dari pusat atau full investor,” katanya.
 
Ditanya, proyek ini akan bernasib sama dengan monorel di DKI Jakarta yang hingga kini terbengkalai. Husni menyatakan, pihaknya banyak belajar dari permasalahan yang terjadi di DKI Jakarta. Kita ini tidak akan terburu-buru membangun, kajian ilmiah dan kerjasama akan kita godok hingga tiga tahun mendatang. “Artinya, sekitar 2013 proyek ini akan terbangun. Dan, kami sangat optimis ini bisa terwujud. Permasalahan monorel di DKI Jakarta kan karena awal-awalnya tidak ada jaminan kepada pemerintah,” terangnya. (dira derby)

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
Prakiraan Cuaca Senin 20 Mei 2024 di Tangerang, Diprediksi Ada Hujan

Prakiraan Cuaca Senin 20 Mei 2024 di Tangerang, Diprediksi Ada Hujan

Senin, 20 Mei 2024 | 05:57

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Kota Tangerang, Kabupaten, Tangerang, dan Tangerang Selatan, pada Senin, 20 Mei 2024.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill