Connect With Us

Biaya Kuliah di Unpam Tangerang Cuma Rp200 Ribu Sebulan, Ini Kata Rektornya

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 8 November 2022 | 14:39

Rektor Unpam, E. Nurzaman. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Universitas Pamulang (Unpam) merupakan salah satu perguruan tinggi di Tangerang yang terkenal dengan biaya kuliahnya yang tak masuk akal karena terbilang sangat murah untuk ukuran universitas yang cukup megah.

Padahal, Unpam tidak membebankan biaya gedung kepada para mahasiswanya dan biaya SPPnya yang sangat terjangkau.

Daya tarik tersebut kemudian menjadikan perguruan tinggi yang berlokasi di Jalan Surya Kencana, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya.

Unpam memiliki kurang lebih 90 ribu mahasiswa yang mayoritas berasal dari kalangan pekerja, tak hanya dari Tangerang, bahkan hingga Jakarta dan sekitarnya.

Rektor Unpam, E. Nurzaman menjelaskan, alasan Unpam menerapkan biaya yang murah karena mendapat dukungan penuh dari yayasan menaunginya.

BACA JUGA: Mahasiswanya Menang Lomba Internasional, Rektor: Bukti UMT Berdaya Saing

"Kalau ditanya kenapa? Itu filosofi dan visi Yayasan Sasmita Jaya yakni memberikan kesempatan pendidikan tinggi kepada semua lapisan masyarakat," ujar Nurzaman dikutip dari tribunnews.com, Selasa 8 November 2022.

Menurutnya, dengan akses pendidikan yang baik, seseorang dapat memiliki lebih kesempatan untuk menaikkan taraf hidup dan derajatnya sehingga lebih sejahtera.

Skema biaya yang diterapkan Unpam adalah SPP Rp 1,2 juta per semester dan dapat dicicil Rp200 ribu per bulan tanpa adanya biaya uang gedung.

Akibat dari penerapan biaya kuliah tersebut, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) sempat mengritik langkah yang ditempuh Unpam tersebut, tetapi Nurzaman menampik kabar tersebut. 

Nurzaman menjelaskan, yang mengkritik bukan organisasi Aptisi, tetapi memang benar adanya sebagian anggota masyarakat yang menilai Unpam terlalu murah.

"Sebagai salah satu universitas dengan biaya paling terjangkau, diharapkan dapat membantu orang lain dan kami ingin membantu kawan-kawan yang seharusnya kuliah biar memiliki kesempatan untuk kuliah," ujar Nurzaman.

Namun, dengan begitu banyaknya mahasiswa Unpam, seringkali menimbulkan kemacetan panjang di jalan sekitar kampusnya ketika jam berangkat dan jam pulang kuliah sehingga hal ini perlu langkah penyelesaian tersendiri.

BISNIS
Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Jumat, 1 Maret 2024 | 20:06

PT Bank Central Asia (BCA) menargetkan dapat memberikan 2.000 sertifikasi halal secara gratis kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2024. Hal ini untuk mendukung produk UMKM bisa diekspor ke berbagai negara.

WISATA
Mercure Hotel Tangerang Tawarkan Promo Buka Puasa, Beli 5 dapat 6

Mercure Hotel Tangerang Tawarkan Promo Buka Puasa, Beli 5 dapat 6

Sabtu, 24 Februari 2024 | 14:21

Hotel di Kota Tangerang sudah bersiap menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Salah satunya, Mercure Hotel Tangerang Centre yang telah menyiapkan promo Median Delight’s.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill