Connect With Us

Cuma Modal Ponsel, Ini Cara Cairkan BSU Tahap 7 di Kantor Pos

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 8 November 2022 | 13:06

Ilustrasi mencairkan BSU. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Terhitung sejak 2 November 2022, pemerintah telah menggelontorkan sejumlah bantuan dalam bentuk Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap ketujuh.

Bantuan ini diberikan sebagai respon atas kenaikan bahan bakar minyak (BBM), para pekerja yang memenuhi syarat berhak mendapat dana bantuan sebanyak Rp600 ribu.

Ketua Satgas Bansos PT Pos Indonesia (Persero) Hendrasari menargetkan penyaluran dana BSU ini akan selesai hingga akhir November 2022.

"Kami optimistis bisa selesai lebih cepat dalam dua atau tiga minggu. PT Pos akan semakin menggencarkan publikasi mengenai pencairan BSU di Kantorpos,” kata Hendra.

Adapun sebelum melakukan pencairan, pekerja yang sudah dipastikan menjadi penerima BSU setelah melakukan pengecekan terdaftarnya NIK eKTP melalui aplikasi Pospay.

Para penerima BSU telah disiapkan rekening secara kolektif, tetapi untuk memudahkan proses pencairan, PT Pos Indonesia menyediakan proses pencairan secara tunai.

BACA JUGA: Cair, Ini Cara Cek Status Penerima BSU 2022 Melalui kemnaker.go.id

Pihak Pos Indonesia menyesuaikan lokasi pembayaran dengan perusahaan masing-masing. Jika dalam satu perusahaan terdapat jumlah penerima BSU yang dinilai cukup (sedikitnya 20 orang), maka pihak kantor pos akan menerjunkan petugas langsung ke titik lokasi, seperti perusahaan, pabrik, atau kantor di mana pekerja atau karyawannya menerima BSU. 

Kendati demikian, untuk mengejar target penyaluran BSU sekaligus memberi kemudahan kepada pekerja, Kantor pos memperpanjang waktu pelayanan, dari yang semula Senin - Sabtu menjadi Senin hingga Minggu hingga hingga pukul 20.00 WIB.

Berikut alur dan cara mencairkan dana BSU hanya menggunakan ponsel seperti dikutip dari kompas.com, Selasa 8 November 2022.

 -Siapkan handphone (HP), lalu unduh Aplikasi PosPay di Play Store

 -Masuk ke aplikasi dan lakukan registrasi akun

 -Caranya dengan membuat username, password, memasukkan kode OTP yang dikirim via SMS, serta membuat PIN transaksi

LIHAT JUGA: Penting! Ini Cara Cek Penerima BSU Tahap 7 Lewat Aplikasi

 -Jika akun berhasil dibuat, masuk ke akun terdaftar dengan cara klik tombol berwarna merah di pojok kanan halaman utama dan klik logo Kemenaker

 -Klik "BSU Kemenaker 1" pada bagian "Jenis Bantuan". Kemudian klik "Ambil Foto Sekarang" untuk mengambil foto e-KTP

 -Apabila sistem tidak bisa memproses foto, bisa ambil ulang foto e-KTP Anda. Masukkan data pribadi. 

 -Pastikan data yang diisi sudah benar dan lengkap, lalu klik "Lanjutkan"

 -Dalam aplikasi PosPay akan menampilkan status penerima BSU.

 -Apabila NIK dan data sesuai dengan data penerima BSU Kemenaker, akan muncul QR Code dengan keterangan "Selamat Anda menerima QRCode BSU Kemenaker"

 -Tunjukan QRCode ke Kantor Pos untuk pencairan dana BSU". Apabila NIK dan data Anda tidak sesuai dengan data penerima BSU Kemenaker, muncul notifikasi "NIK tidak terdaftar sebagai penerima BSU"

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill