Connect With Us

Realisasi Investasi di Tangsel pada 2023 Tembus Rp7,4 Triliun

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 4 Februari 2024 | 20:07

Gedung Pusat Pemerintah Kota Tangerang Setalan. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Realisasi Investasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami kenaikan yang signifikan di tahun 2023. Dari target sebesar Rp4,66 triliun, realisasi investasi tembus Rp7,4 triliun.

"Realisasi investasi di Tangsel tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar Rp7,4 triliun atau 160,2 persen dari target" kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangsel Maulana Prayoga Utama, Sabtu 4 Januari 2024.

Lebih lanjut, realisasi investasi yang melebih target tersebut terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp1,2 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) senilai Rp6,2 triliun.

Dengan rincian PMA dari sektor jasa meliputi kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata, olahraga dan sebagainya sebesar Rp288,4 miliar.

Lalu, dari sektor perdagangan dan reparasi sebesar Rp227,1 miliar, sedangkan sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar Rp200 miliar.

"Sektor hotel dan restoran Rp187,4 miliar. Kemudian, perumahan kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp83,6 miliar," terangnya.

Sedangkan dari PMDN, meliputi sektor jasa yang terdiri dari kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata, olahraga dan sebagainya sebesar Rp2,460 triliun.

Sektor perumahan kawasan industri dan perkantoran senilai Rp1,516 triliun, sektor perdagangan dan reparasi sebesar Rp987 miliar.

Lalu, sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi senilai Rp314,6 miliar, serta sektor konstruksi sebesar Rp307,5 miliar.

"Dari PMA dan PMDN yang lebih mendominasi Investasi Tangsel adalah sektor jasa lainnya seperti kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata dan lainnya," ungkapnya.

Yoga juga menjelaskan data investor asing yang menanamkan modalnya di Tangsel berasal dari 10 negara pada tahun 2023. 

"Ada Singapura, Tiongkok, India, Hongkong, Jerman, Jepang, Malaysia, Korsel, Belanda, dan Spanyol," katanya.

Ia berharap dengan keberhasilan yang dicapai ini tidak membuat cepat puas, justru jadi pemicu agar realisasi investasi di Tangsel mengalami peningkatan, sehingga memberikan dampak positif pada roda perekonomian.

"Pastinya harapan kita investasi berdampak positif untuk semua aspek terutama lapangan pekerjaan bertambah, roda ekonomi berputar. Doian semoga bertambah terus ya," pungkas Yoga.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill