Connect With Us

Kejari Tangerang Usut Korupsi Pencaplokan Lahan

| Selasa, 26 Mei 2009 | 17:22

TANGERANGNEWS-Pihak PT Esta Sarana Lestari, selaku pengembang Perumahan Vila Dago di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan diperiksa oleh Kejaksaan Negeri Tangerang karena diduga telah mencaplok danau seluas dua hektare yang merupakan aset negara. Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang Rakhmat Hariyanto mengatakan, ada unsur korupsi atas digantinya site plan pada perumahan tersebut. "Dalam waktu dekat ini kami akan memanggil pihak pengembang perumahan itu guna dimintai keterangan," katanya, hari ini. Pemeriksaan itu dilakukan, tambah Rakhmat, karena pihak pengembang tersebut di duga telah merubah fungsi Danau Vila Dago yang seluas dua hektare menjadi taman bermain atau fasilitas umum, sehingga merugikan negara, mengingat danau itu adalah aset negara. "Ini sudah jelas-jelas merugikan negara." papar Rakhmat tampa merinci berapa besar kerugian negara yang dimaksud. Lebih jauh Rakhmat menjelaskan, awalnya Danau Vila Dago itu adalah saluran air sekunder Situ Ciledug di samping Pamulang Square. Namun lambat laun danau itu hilang karena dirubah oleh pihak pengembang dengan cara diuruk dan ditanami pohon-pohonan untuk dijadikan taman. Sehingga seolah-olah pihak pengembang telah memberikan kewajibannya kepada pemerintah bahwa mereka telah menyediakan lahan fasilitas umum. "Ini sangat bertentangan dengan ketentuan yang ada. Karena apa yang bukan menjadi hak pengembang, diberikan kepada orang lain," kata Rakhmat. Akibat perbuatan itu, tambah dia, selain merugikan negara juga menghilangkan daerah resapan di wilayah itu , sehingga daerah tersebut akan mudah dilanda banjir. Dikonfirmasi masalah tersebut, Hidayat, Kepala Badan Pelayanan dan Perijinan Terpadu (BP2T) Kabupaten Tangerang membenarkan terjadinya perubahan fungsi dari danau ke taman bermain. Hanya saja, kata dia, kasus itu diserahkan kepada proses hukum, karena perubahan yang dilakukan oleh pihak pengembang itu tidak mengantongi izin. "Kami juga sudah diperiksa dalam kasus ini dan smua itu kami serahkan kepada Kejaksaan," kata Hidayat. Sementara itu pihak PT Esta Sarana Lestari yang akan dikonfirmasi masalah tersebut hingga kemarin sore belum bisa ditemui.(den)
KOTA TANGERANG
Rawan Langgar Netralitas, ASN Kota Tangerang Diberi Pembinaan Disiplin Jelang Pilkada 2024

Rawan Langgar Netralitas, ASN Kota Tangerang Diberi Pembinaan Disiplin Jelang Pilkada 2024

Senin, 20 Mei 2024 | 17:46

Aparatur Sipil Negara (ASN) diberi Pembinaan Disiplin dan Netralitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Pimpin Apel Harkitnas, Wali Kota Tangsel Ajak ASN Doakan Korban Pesawat Jatuh di BSD

Pimpin Apel Harkitnas, Wali Kota Tangsel Ajak ASN Doakan Korban Pesawat Jatuh di BSD

Senin, 20 Mei 2024 | 17:20

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangsel untuk mendoakan korban jatuhnya pesawat latih di Lapangan Sunburst, BSD, pada Minggu 19 Mei 2024, kemarin.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill