Connect With Us

Kembali Uji Emisi, Esemka Sepi Publikasi

| Selasa, 29 Mei 2012 | 19:58

Mobil Esemka (Ist / Ist)

TANGERANG—Setelah dua kali gagal, mobil Esemka kembali melakukan uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Puspiptek Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Namun berbeda dari uji emisi sebelumnya yang riuh dengan publikasi, uji emisi kali ini sepi dari gegap gempita.

Mobil yang dirancang oleh para pelajar SMK itu tiba di BTMP Puspiptek, Selasa (29/5), sekitar pukul 10.00. Mobil berwarna hitam itu dibawa dengan truk, dan disertai beberapa tim teknis dari Solo. Pemandangan ini jelas berbeda dari uji emisi sebelumnya di mana mobil Esemka disopiri langsung oleh Wakil Walikota Solo FX. Rudyatmo.
 
Salah seorang tim teknis mobil Esemka Budi Martono mengatakan, mobil kebanggan warga Solo ini berangkat pada Senin  (28/5), dan baru sampai pada  Selasa (29/5) pukul 10.00 WIB. Meskipun sudah datang jauh-jauh, ternyata mobil Esemka masih harus menunggu giliran uji emisi. Sebab hingga 15 Juni mendatang, sudah ada 47 unit mobil baru yang antre ikut uji emisi.

Budi berharap uji emisi kali ini bisa lolos. Karena mobil tersebut sudah dua kali ikut, dan selalu gagal. "Mudah-mudahan ujia yang ketiga kali ini, mobil Esemka lolos,” kata Budi.
 
Pasca uji emisi yang kedua lalu, Budi mengaku timnya sudah melakukan berbagai perbaikan. Salah satunya adalah dengan mengurangi bobot mobil dari 1,85 ton menjadi 1,2 ton. Selain itu, perbaikan juga dilakukan mulai dari intake manifold, exhaust manifold, ruang bakar, resetting accu catalisator.

Sekadar diketahui, pada saat uji emisi sebelumnya, kandungan karbon monoksida mobil Esemka sebesar 11,63 gram/kilometer, dan HC+NOx sebesar 2,69 gram/kilometer. Padahl standarnya, kandungan karbon monoksida hanya lima gram/kilometer, dan HC+NOx 0,70 gram/kilometer.(DRA)
         
 

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill