Connect With Us

Tangsel Operator Air Bersih ke Kota & Kabupaten Tangerang

| Minggu, 9 September 2012 | 23:02

Kesulitan Air bersih, warga Bumi Cipondoh Asri. (tangerangnews / rangga)


Reporter : Bambang Soesatyo


TANGERANG-Kota Tangsel menjadi operator air bersih dari Lebak untuk digelontorkan ke Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang pada 2015 mendatang. Hal itu terjadi, karena pengolahan air bersih dari Provinsi Banten yang berasal dari Kabupaten Lebak, disalurkan ke Tangsel lebih dulu.
 
 "Lingkungan Hidup Pemprov Banten akan membuat pusat pompa air di Tangsel, untuk tiga wilayah Tangerang," kata Abdul Somad, Kepala Seksi Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel.
   
 Wilayah Tangsel yang akan dijadikan tempat penyimpanan pompa air tersebut adalah wilayah Desa Kademangan, Kecamatan Setu. Di desa ini, kata Somad, akan dibangun penampungan air bersih sekaligus reserver atau pompa penyalur untuk wilayah Tangerang.
 
"Luas lahan yang diperlukan masih dibahas. Termasuk, pembahasan Amdalnya yang lagi disusun oleh BLH Provinsi Banten," ujarnya.
    Dikatakan Somad, air bersih ini berasal dari Waduk Karian yang ada di Kabupaten Lebak. Kemudian, dari waduk tersebut akan dikirim ke Kota Tangsel dan ditampung di Desa Kademangan, Kota Tangsel. "Ini merupakan perusahaan air bersih milik Provinsi Banten. Sekarang sudah mulai pembahasan Amdalnya," terang Somad.
    Lalu, lanjutnya, air bersih tersebut akan disalurkan ke warga dengan menggunakan instalasi pipa. Dalam waduk yang akan ada di Desa Kademangan tersebut, dilengkapi dengan booster.
Fungsinya, sebagai pendorong air dari kolam penampung ke wilayah-wilayah jaringannya.
"Produksi air bersih ini akan sangat banyak. Kekuatannya,  2.500 liter/detik. Sehingga, bisa kita pastikan tidak lagi menggunakan air bersih dari air bawah tanah," jelasnya.

    Dan, yang dibutuhkan Kota Tangsel saat ini dukungan dari warga setempat, dalam hal ini warga Desa Kademangan. Karena, ini akan menguntungkan wilayah yang selama ini menggantungkan pusat air bersih dari air tanah. “ Ini akan sangat membantu kita jika dalam posisi seperti saat ini, kemarau panjang,” terangnya.
 
 

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill