Connect With Us

7 Tips Pasang Modem Wi-Fi agar Koneksi Stabil

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 27 Oktober 2022 | 14:07

Ilustrasi modem Wi-Fi penopang jaringan internet. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Internet menjadi salah satu kebutuhan penting di era kemajuan teknologi yang serba digital seperti saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hadir teknologi Wireless Fidelity (Wi-Fi) atau yang biasa dikenal sebagai modem untuk menopang kebutuhan internet.

Modem memiliki fungsi gelombang radio, sehingga dapat menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi untuk dihubungkan ke smartphone, gadget, dan perangkat elektronik lainnya.

Dengan akses internet tersebut, pengguna dapat melakukan berbagai hal, seperti belajar atau bekerja dari rumah, mengakses saluran hiburan yang lebih ekslusif, serta aktivitas produktif lainnya.

Dalam melakukan instalasi pemasangan modem Wi-Fi perlu memperhatikan beberapa hal. 

Berikut tips memasang modem Wi-Fi agar mendapatkan koneksi stabil seperti dilansir dari antaranews.com, Kamis, 27 Oktober 2022.

1. Gunakan kabel dan port ethernet 

Dalam memasang modem tentu tujuannya untuk mendapatkan pengalaman internet terbaik pada komputer atau laptop, maka dari itu gunakan kabel UTP/Ethernet dan sambungkan pada port ethernet modem.

2. Hindari modem dari resiko panas dan air 

Penting untuk meletakkan modem di lokasi yang aman, hindari tempat yang mudah terkena air, panas, atau api. Sebab, dapat merusak perangkat modem. Tempat yang sebaiknya dihindari, diantaranya seperti di dekat kompor, dekat mesin cuci, terkena panas langsung matahari, dekat sumber air, dll.

3. Tempatkan modem pada posisi yang tinggi 

Koneksi stabil bisa didapatkan salah satunya yaitu diletakkan di tempat yang tepat. Salah satunya yakni pada tempat yang tinggi seperti di atas meja, lemari atau ditempelkan di dinding tetapi jangan terlalu dekat dengan plafon. Hindari meletakkan modem di lantai.

4. Pasang modem di tempat terbuka dan tanpa halangan 

Dalam memasang modem, pastikan tidak ada penghalang di sekitarnya. Sebab, halangan semacam dinding tembok, dinding kacam lemari dan aquarium ternyata dapat menurunkan jangkauan sinyal Wi-Fi sehingga koneksi tidak stabil atau lemot.

5. Jauhkan modem dari perangkat elektronik lainnya 

Hindari memasang modem di dekat perangkat elektronik lainnya, terlebih pada perangkat yang juga memancarkan sinyal frekuensi lantaran akan menghasilkan interfensi, pastikan perangkat tersebut berjarak lebih satu meter dari modem. Perangkat tersebut di antaranya cordless phone, wireless printer, microwave, baby monitor.

6. Letakkan modem di tengah ruangan 

Dengan meletakan modem di tengah ruangan sinyal akan mampu menyebar lebih baik ke seluruh bagian ruangan, biasanya modem ditempatkan di ruang keluarga atau ruang kerja. 

7. Jangan tumpukkan modem dengan perangkat lainnya 

Menumpuk modem dengan perangkat atau barang lain dapat mengganggu koneksi jaringan internet sekaligus beresiko merusak modem Wi-Fi. Untuk itu, hindari hal tersebut agar mendapat koneksi jaringan yang maksimal.

BANDARA
Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Jumat, 19 Juli 2024 | 19:28

Seorang mahasiswa asal Korea Selatan (Korsel) ditangkap karena berupaya menyelundupkan sebanyak 94 ekor reptil dari Indonesia ke negara asalnya, melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Diminati Camaba, ITPLN Buka Pendaftaran Sampai 17 Agustus 2024

Diminati Camaba, ITPLN Buka Pendaftaran Sampai 17 Agustus 2024

Minggu, 21 Juli 2024 | 18:59

Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi PLN (ITPLN) untuk tahun akademik 2024/2025 kembali dibuka untuk gelombang reguler.

NASIONAL
Viral Mobil Dinas Menag Lewat Jalur Transjakarta, Juru Bicara: Kan Enggak Tiap Hari

Viral Mobil Dinas Menag Lewat Jalur Transjakarta, Juru Bicara: Kan Enggak Tiap Hari

Rabu, 24 Juli 2024 | 12:48

Beredar video di media sosial mobil dinas pejabat negara melewati jalur bus Transjakarta.

HIBURAN
Tayang Hari Ini, Jadwal dan Harga Tiket Film Deadpool & Wolverine di Bioskop Tangerang

Tayang Hari Ini, Jadwal dan Harga Tiket Film Deadpool & Wolverine di Bioskop Tangerang

Rabu, 24 Juli 2024 | 11:17

Film "Deadpool & Wolverine" garapan sutradara Shawn Levy resmi tayang perdana di Indonesia pada Rabu, 24 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill