Connect With Us

Internet 5G Tercepat di Dunia Ada di Bandara Soekarno-Hatta

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 16 Maret 2022 | 13:30

President Director AP II Muhammad Awaluddin menunjukan tampilan Digital Aeroplex di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu 15 Maret 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II secara berkelanjutan mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai Digital Aeroplex pertama di Indonesia. 

Digital Aeroplex memiliki pengertian sebagai kawasan bandara yang dibangun dengan ekosistem digital melalui penerapan teknologi modern (advanced technology) guna meningkatkan pelayanan dan operasional. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerapan Digital Aeroplex di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan lewat kolaborasi dengan berbagai pihak khususnya para pemimpin pasar di sektor teknologi dan komunikasi.

“Bandara Soekarno-Hatta bukan hanya sekedar suatu airport untuk naik dan turun dari pesawat, tapi saat ini telah menjadi suatu kawasan mandiri sebagai pusat perekonomian yang dilengkapi berbagai teknologi terkini seperti misalnya masifnya penggunaan kendaraan listrik, moda transportasi berbasis listrik yakni Skytrain, hingga robot pembersih lantai,” ujar Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu 15 Maret 2022.

Menurutnya, AP II mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai suatu kawasan Digital Aeroplex yang menjadi pionir dalam mengadopsi berbagai kemajuan di bidang teknologi. Hal ini dilakukan dengan menerapkan tiga aspek penting, yaitu smart infrastructure, connected content, dan digital society.

Terkait aspek Smart Infrastructure, AP II selalu membangun infrastruktur digital terbaik dan terkini di Bandara Soekarno-Hatta, di mana yang terbaru adalah kolaborasi AP II bersama Telkomsel dalam menyediakan akses 5G di Bandara Soekarno-Hatta. 

Awaluddin menuturkan, jaringan 5G merupakan generasi terbaru (generasi kelima) dalam teknologi nirkabel guna merasakan pengalaman seperti internet super cepat di dunia serta mendukung digitax experience seperti penggunaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk merasakan dunia metaverse.

“Jaringan 5G adalah teknologi terkini yang dapat mengubah cara kita menjalani hidup. Penerapan 5G masih terus berkembang di Indonesia, dan kami bersyukur bahwa Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi yang dapat paling cepat dapat memberikan akses Telkomsel 5G bagi para traveler guna merasakan standar teknologi nirkabel terbaru ini,” jelas Awaluddin. 

Awaluddin mengatakan akses 5G ini menjadi standar baru layanan bagi penumpang pesawat di Indonesia.

Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II.

Asosiasi yang menaungi maskapai-maskapai nasional, yakni Indonesia National Air Carrier Association (INACA) mengapresiasi kolaborasi antara AP II dan Telkomsel.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan, AP II bersama Telkomsel telah meningkatkan standar layanan bagi para penumpang pesawat melalui kehadiran jaringan 5G di Bandara Soekarno-Hatta. 

Ia mengapresiasi setiap pihak yang berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang pesawat. "Kita melihat Telkomsel dan AP II berkolaborasi menghadirkan akses 5G bagi para traveler, dan ini adalah suatu hal yang sangat baik. Seperti kita ketahui, belum banyak lokasi di Indonesia yang mendapatkan akses 5G, dan kami sangat mengapresiasi bahwa layanan ini sudah tersedia di Bandara Soekarno-Hatta," terangnya.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

TANGSEL
2 Pemuda di Pondok Aren Tangsel Minta Sumbangan Kurban, Ternyata Uangnya Buat Foya-foya

2 Pemuda di Pondok Aren Tangsel Minta Sumbangan Kurban, Ternyata Uangnya Buat Foya-foya

Minggu, 23 Juni 2024 | 04:30

Dua pemuda ditangkap aparat Polsek Pondok Aren, Polres Tangerang Selatan (Tangsel) lantaran diduga melakukan pungutan liar (pungli) dengan dalih untuk pembelian hewan kurban.

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill