Connect With Us

Julie Sulianti Saroso Jadi Google Doodle Hari Ini, Dokter Wanita Pertama di Indonesia

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 10 Mei 2023 | 10:01

Google Doodle menampilkan Julie Sulianti Saroso (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)

TANGERANGNEWS.com- Google menampilkan gambar Doodle memperingati kelahiran sosok dokter wanita pertama di Indonesia hari ini, Rabu, 10 Mei 2023.

"Doodle hari ini merayakan Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso yang merupakan salah satu dokter wanita pertama di Indonesia," tulis Google melalui laman resminya.

Perusahaan raksasa teknologi itu beralasan, hal ini untuk mengenang jasa Julie Sulianti Saroso yang telah mendedikasikan hidupnya untuk memberikan akses layanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

Julie Sulianti Saroso lahi di Karangasem, Bali, pada Rabu, 10 Mei 1917. Ayahnya merupakan seorang dokter sehingga menjadi inspirasinya untuk terjun ke dunia kedokteran.

Dokter Julie memperoleh gelar dokternya dari Sekolah Geneeskundige Hoge pada tahun 1942. Lalu, ia melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat dan meraih gelar lanjutan dalam kesehatan masyarakat.

Tak hanya itu, Prof Dr Saroso juga mendapat beasiswa dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan berkesempatan mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa.

Saat pulang ke Tanah Air pada 1953, Julie Sulianti menggagas pendidikan KB dan keluarga berencana yang ia bawa dari hasil pendidikannya di luar negeri.

Setelah itu, Julie Sulianti Saroso dipercaya mengepalai program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa dari Kementerian Kesehatan.

Prof. Dr. Saroso kemudian terjun ke dunia pendidikan dengan mengajar di Universitas Airlangga pada tahun 1969 untuk membantu melatih generasi dokter dan petugas kesehatan berikutnya.

Karirnya makin gemilang lantaran terpilih menjadi Presiden perempuan kedua Majelis Kesehatan Dunia dan bertugas di beberapa organisasi terkemuka, termasuk Komite Pakar Kesehatan Ibu dan Anak Organisasi Kesehatan Dunia, Komisi Pengembangan Masyarakat PBB di Negara-negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.

"Selamat ulang tahun ke-106, Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso! Komitmen Anda yang tak tergoyahkan terhadap pemerataan layanan kesehatan mengubah arah kedokteran di Indonesia," ucap Google.

Adapun Google Doodle Julie Sulianti Saroso diilustrasikan oleh ilustrator muda berbakat, Lenny Wen.

"Saya senang mempelajari tentang Dokter Soelianti Saroso yang luar biasa dan membuat gambar untuk menghormatinya. Tentu saja, ini juga merupakan proyek impian bagi saya," kata Lenny.

HIBURAN
D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

Jumat, 14 Juni 2024 | 14:50

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan meluncurkan Jingle, Maskot dan Tagline dalam rangka memeriahkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Jumat 14 Juni 2024.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

PROPERTI
Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:35

Pusat otomotif terpadu BEZ Auto Center besutan Paramount Land, yang berlokasi di Illago Grande, Gading Serpong, resmi diluncurkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill