Connect With Us

7 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Tangerang, Ini Sebabnya 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 29 Agustus 2023 | 12:36

Floating Market Situ Cipondoh, Kota Tangeran. (@TangerangNews / Instagram @_romisyahrial_)

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 7.573.807 jiwa wisatawan mengunjungi Kota Tangerang dalam periode Januari hingga akhir Juli 2023 pasca pandemi Covid-19.

Jumlah tersebut meliputi tamu hotel nusantara 665.686 jiwa, tamu hotel mancanegara 134.942 jiwa, dan wisatawan ke obyek wisata 6.773.179 jiwa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan, banyaknya jumlah wisatawan tak luput dari keberadaan Bandara Soekarno-Hatta dan puluhan hotel dengan beragam konsep penawaran di wilayah Kota Tangerang.

Belum lagi karena adanya 17 taman tematik yang tak pernah sepi pengunjung, hingga primadona wisata kuliner seperti Pasar Lama.

"Sedangkan faktor-faktor lainnya, terbanyak memang dalam kunjungan obyek wisata. Seperti Situ Cipondoh, Wisata Kano, Kolam Renang, Karaoke hingga pusat perbelanjaan seperti Tangcity Mall. Tak terkecuali sejumlah Festival yang sempat digelar Pemkot Tangerang," ungkap Rizal, Selasa, 29 Agustus 2023.

Dikatakan Rizal, jumlah wisatawan cukup berpengaruh pada tingginya angka okupansi hotel dan restoran, yang turut memberi andil dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sektor pajak.

"Salah satu tingginya okupansi hotel di Kota Tangerang juga disebabkan dengan kembali diizinkannya umrah ke tanah suci. Bedasarkan data yang kami punya angka hunian hotel di sekitar bandara cukup tinggi," jelasnya.

Meski Kota Tangerang hanya dijadikan area persinggahan atau transit, Rizal menyebut hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi destinasi wisata dengan getol mempromosikannya.

"Makanya kami banyak menjalin kerjasama agar setiap tamu atau wisatawan yang singgah mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang baik, saat bertandang ke Kota Tangerang. Semoga kemajuan kunjungan wisatawan ini dapat terus meningkat untuk kemajuan Kota Tangerang," pungkasnya.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

HIBURAN
Polisi Amankan Virgoun, Diduga Terlibat Narkoba

Polisi Amankan Virgoun, Diduga Terlibat Narkoba

Jumat, 21 Juni 2024 | 10:26

Musisi Virgoun diamankan Polres Metro Jakarta Barat usai diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

BANDARA
Panduan Akses Parkir Penumpang dengan Kendaraan Pribadi di Terminal 3 Bandara Soetta

Panduan Akses Parkir Penumpang dengan Kendaraan Pribadi di Terminal 3 Bandara Soetta

Jumat, 21 Juni 2024 | 16:19

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) terus berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para penumpangnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill