Connect With Us

Simak 7 Hal Penting Ini Jika Ingin Traveling dengan Pesawat

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 25 Oktober 2023 | 15:50

Ilustrasi liburan. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata yang cukup jauh atau ingin pergi ke negara lain, maka pesawat adalah pilihan moda transportasi yang paling pas.

Perjalanan dengan pesawat adalah salah satu cara yang paling efisien dan cepat untuk mengeksplorasi dunia. 

Untuk itu, penting untuk penumpang mengetahui hal-hal penting seperti syarat penerbangan terbaru sebelum memulai perjalanannya.

Alasan lain yang membuat pesawat banyak dipilih adalah kemudahan dalam memesan tiket, salah satunya melalui aplikasi traveling. 

Aplikasi traveling seperti Traveloka memudahkan calon penumpang untuk membeli tiket pesawat.

Untuk perjalanan yang lebih nyaman, berikut ini 7 hal penting yang perlu diketahui sebelum memulai perjalanan Anda dengan pesawat.

1. Hal Penting Sebelum Keberangkatan

Sebelum Anda sampai di bandara, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan perjalanan Anda lebih nyaman, aman dan juga tenang.

- Pemesanan Tiket

Pilih maskapai penerbangan yang sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda. Manfaatkan situs web dan aplikasi perjalanan untuk membandingkan harga dan menemukan penawaran terbaik. 

Untuk menghemat budget, Anda bisa berangkat dengan maskapai Low Cost Carrier (LCC). 

Namun jika dana bukanlah masalah, berangkat dengan maskapai Full Service pun bisa jadi pilihan untuk perjalanan yang lebih nyaman.

- Dokumen Perjalanan

Cek kembali mengenai tiket Anda. Pastikan juga jika Anda sudah check in online agar dari aplikasi seperti Traveloka agar Anda bisa berangkat ke bandara dengan nyaman. 

Jika Anda berencana untuk pergi ke luar negeri, pastikan Anda memiliki dokumen perjalanan yang valid, seperti paspor atau kartu identitas, tergantung pada tujuan Anda. Periksa juga visa jika diperlukan oleh negara tujuan.

- Vaksinasi dan Dokumen Kesehatan

Beberapa negara saat ini mengharuskan vaksinasi tertentu atau dokumen kesehatan, terutama selama pandemi COVID-19. Pastikan Anda memenuhi persyaratan ini sebelum Anda terbang.

- Waktu Berangkat

Sangat disarankan untuk tiba lebih awal sebelum waktu boarding Anda, terutama pada saat musim liburan atau jika Anda bepergian internasional.

2. Setiba di Bandara

Ketika Anda tiba di bandara, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan:

- Keamanan

Persiapkan diri Anda untuk prosedur keamanan yang ketat. Anda akan diminta untuk melewati pemindai tubuh dan meletakkan barang bawaan Anda melalui mesin pemindai. Pastikan Anda tidak membawa barang-barang yang dilarang di dalam kabin pesawat.

Anda bisa melepas terlebih dahulu aksesoris, ikat pinggang dengan kepala dari logam, dan taruh smartphone Anda sementara di tas Anda agar dapat melewati mesin pemindai tubuh tanpa masalah.

3. Bagasi

Bagasi adalah salah satu aspek penting dalam perjalanan udara, terutama jika Anda membawa cukup banyak barang dan perlu dimasukkan ke ruang bagasi pesawat.

- Cek Muatan

Pastikan Anda mengetahui berat maksimum yang diperbolehkan untuk bagasi terdaftar dan biaya tambahan yang mungkin dikenakan jika Anda melebihi batas berat tersebut. Hindari over capacity agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

- Bagasi Kabin

Periksa kebijakan maskapai mengenai bagasi kabin, termasuk ukuran dan berat yang diperbolehkan. Biasanya, Anda dapat membawa satu tas tangan dan satu tas kecil. Hindari membawa terlalu banyak barang ke dalam kabin.

4. Perhatikan Kesehatan Anda

Perjalanan dengan pesawat seringkali melibatkan waktu yang panjang di ketinggian dan dalam ruangan yang padat.

Jangan lupakan untuk memperhatikan kesehatan Anda agar tidak mengganggu perjalanan.

- Minum Air Yang Cukup

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum cukup air selama perjalanan. Hindari minuman dengan kafein yang dapat menyebabkan rasa haus dan kembung.

- Isi Perut Terlebih Dahulu

Jika Anda tidak sempat makan terlebih dahulu di rumah, disarankan untuk menyantap makanan di bandara agar Anda bisa merasa lebih nyaman sebelum masuk ke pesawat.

- Melakukan Gerakan Ringan

 Lakukan gerakan ringan di kursi Anda untuk menjaga sirkulasi darah. Berjalan ke toilet pesawat bisa jadi salah satu cara efektif untuk meregangkan tubuh.

5. Keterlambatan dan Pembatalan Penerbangan

Penting untuk memahami bahwa keterlambatan atau delay dan pembatalan penerbangan adalah hal yang normal terjadi.

- Cek Kebijakan Maskapai

Kenali kebijakan maskapai mengenai keterlambatan dan pembatalan. Beberapa maskapai dapat memberikan kompensasi atau pengaturan ulang tiket, sedangkan yang lain mungkin tidak memiliki aturan tersebut.

- Asuransi Perjalanan

Pertimbangkan untuk memiliki asuransi perjalanan, terutama jika Anda melakukan perjalanan jauh atau selama musim liburan. Asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan finansial jika Anda mengalami masalah dengan penerbangan.

6. Protokol Kebersihan dan Kesehatan

Dalam situasi pandemi, perhatikan protokol kebersihan yang diterapkan oleh bandara dan maskapai penerbangan. Gunakan hand sanitizer dan patuhi semua pedoman yang diberikan.

7. Syarat Penerbangan Terbaru

Anda juga perlu mengetahui syarat penerbangan yang sedang berlaku saat ini, seperti:

- Mengacu pada SE Satgas COVID-19 No 1 Tahun 2023, traveler tidak lagi diwajibkan untuk memberikan bukti vaksinasi COVID-19 maupun tes hasil COVID-19 apapun saat melakukan perjalanan.

- Karena beberapa negara telah membuka kembali perbatasannya, mohon kepada para penumpang untuk memeriksa informasi secara menyeluruh dan juga memenuhi syarat penerbangan di negara asal dan negara tujuan saat bepergian internasional.

 

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill