Connect With Us

Konten Kreator Tangerang Kenalkan Budaya Cina Benteng di Pasar Lama

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 28 Oktober 2023 | 16:01

Konten kreator Elsa Novia Sena memperkenalkan budaya dan sejarah Cina Benteng di Pasar Lama, Kota Tangerang melalui Walking Tour (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Elsa Novia Sena, seorang konten kreator asal Tangerang mengenalkan budaya dan sejarah Cina Benteng di Pasar Lama, Kota Tangerang melalui kegiatan bertajuk "Walking Tour".

Konten kreator yang sempat viral karena video tentang Makam Kapitan Oey Kiat Tjin ini akan memberikan informasi dan wawasan sejarah dan budaya di Kota Tangerang secara langsung atau tatap muka melalui kegiatan Walking Tour tersebut.

Hal ini selaras dengan konten-konten yang sering ia buat memang sebagian besar mengenai informasi tentang sejarah dan budaya Tionghoa khususnya Cina Benteng.

Elsa mengatakan, digagasnya Walking Tour ini berangkat dari kegemarannya mengunjungi tempat-tempat bernilai sejarah, tetapi kerap tidak ada tour guide yang memberikan penjelasan.

"Kalau bukan kita anak muda siapa lagi yang bangga dan melestarikannya," ujar wanita yang juga finalis Cide-Kode 2022, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Meski begitu, Elsa menyebut sebenarnya sudah ada lembaga tour yang telah mengadakan walking tour Pasar Lama, Kota Tangerang. Namun, bukan berasal dari masyarakat asli Cina Benteng.

"Saya memberanikan diri untuk menjalankan Walking Tour, sebagai salah satu keturunan asli Cina Benteng," imbuhnya.

Walking tour Pasar Lama Kota Tangerang ini menerapkan sistem pembayaran Pay as you like, yakni dibayarkan setelah tour selesai sesuai tingkat kepuasan peserta.

Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk peremajaan lokasi-lokasi bersejarah di Pasar Lama, Kota Tangerang.

Hingga saat ini, walking tour Pasar Lama Kota Tangerang telah berjalan sebanyak enam batch dengan maksimal 15-17 peserta disetiap batchnya.

Dikatakan Elsa, walking tour Pasar Lama Kota Tangerang ini disambut baik dan antusiasme dari masyarakat, terbukti dengan raihan 20 peserta saat baru dua hari diluncurkan.

Selain itu, hingga batch enam 60 hingga 70 persen peserta berasal dari luar Tangerang yang tertarik dengan budaya Cina Benteng dan Pasar Lama. 

"Mulai dari Depok, Bekasi hingga Bogor dan lainnya," tuturnya.

Adapun rute Walking tour Pasar Lama dimulai dari Stasiun Tangerang, Jam Argo Pantes, Masjid Kalipasir, Toapekong Air, Roemboer Tangga Ronggeng, Rumah Oey Kim Tiang, Kelenteng Boen Tek Bio dan Museum Benteng Heritage.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill