Connect With Us

Konten Kreator Tangerang Kenalkan Budaya Cina Benteng di Pasar Lama

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 28 Oktober 2023 | 16:01

Konten kreator Elsa Novia Sena memperkenalkan budaya dan sejarah Cina Benteng di Pasar Lama, Kota Tangerang melalui Walking Tour (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Elsa Novia Sena, seorang konten kreator asal Tangerang mengenalkan budaya dan sejarah Cina Benteng di Pasar Lama, Kota Tangerang melalui kegiatan bertajuk "Walking Tour".

Konten kreator yang sempat viral karena video tentang Makam Kapitan Oey Kiat Tjin ini akan memberikan informasi dan wawasan sejarah dan budaya di Kota Tangerang secara langsung atau tatap muka melalui kegiatan Walking Tour tersebut.

Hal ini selaras dengan konten-konten yang sering ia buat memang sebagian besar mengenai informasi tentang sejarah dan budaya Tionghoa khususnya Cina Benteng.

Elsa mengatakan, digagasnya Walking Tour ini berangkat dari kegemarannya mengunjungi tempat-tempat bernilai sejarah, tetapi kerap tidak ada tour guide yang memberikan penjelasan.

"Kalau bukan kita anak muda siapa lagi yang bangga dan melestarikannya," ujar wanita yang juga finalis Cide-Kode 2022, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Meski begitu, Elsa menyebut sebenarnya sudah ada lembaga tour yang telah mengadakan walking tour Pasar Lama, Kota Tangerang. Namun, bukan berasal dari masyarakat asli Cina Benteng.

"Saya memberanikan diri untuk menjalankan Walking Tour, sebagai salah satu keturunan asli Cina Benteng," imbuhnya.

Walking tour Pasar Lama Kota Tangerang ini menerapkan sistem pembayaran Pay as you like, yakni dibayarkan setelah tour selesai sesuai tingkat kepuasan peserta.

Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk peremajaan lokasi-lokasi bersejarah di Pasar Lama, Kota Tangerang.

Hingga saat ini, walking tour Pasar Lama Kota Tangerang telah berjalan sebanyak enam batch dengan maksimal 15-17 peserta disetiap batchnya.

Dikatakan Elsa, walking tour Pasar Lama Kota Tangerang ini disambut baik dan antusiasme dari masyarakat, terbukti dengan raihan 20 peserta saat baru dua hari diluncurkan.

Selain itu, hingga batch enam 60 hingga 70 persen peserta berasal dari luar Tangerang yang tertarik dengan budaya Cina Benteng dan Pasar Lama. 

"Mulai dari Depok, Bekasi hingga Bogor dan lainnya," tuturnya.

Adapun rute Walking tour Pasar Lama dimulai dari Stasiun Tangerang, Jam Argo Pantes, Masjid Kalipasir, Toapekong Air, Roemboer Tangga Ronggeng, Rumah Oey Kim Tiang, Kelenteng Boen Tek Bio dan Museum Benteng Heritage.

TANGSEL
Minivan Tabrak Pembatas Jalan di Jalan Raya Serpong Tangsel, Pengemudi Tewas

Minivan Tabrak Pembatas Jalan di Jalan Raya Serpong Tangsel, Pengemudi Tewas

Minggu, 16 Juni 2024 | 19:00

Satu unit mobil jenis minivan mengalami kecelakan tunggal di Jalan Raya Serpong, Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kecelakaan itu mengebabkan pengemudi wanita berinisial A, 41, tewas.

KAB. TANGERANG
Momen Iduladha 1445 Hijriah, Sekda Tangerang Beri Pesan Begini

Momen Iduladha 1445 Hijriah, Sekda Tangerang Beri Pesan Begini

Senin, 17 Juni 2024 | 17:40

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah melaksanakan salat Iduladha di Masjid Agung Al-Amjad, Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Tigaraksa, pada Senin, 17 Juni 2024.

KOTA TANGERANG
Tips Aman Mengonsumsi Daging Kurban dari Ahli Gizi Tangerang 

Tips Aman Mengonsumsi Daging Kurban dari Ahli Gizi Tangerang 

Senin, 17 Juni 2024 | 09:25

Hari Raya Iduladha biasanya identik dengan pemotongan dan pembagian daging kurban, baik sapi maupun kambing.

BISNIS
Gaet Influencer untuk Promosikan Brand Lebih Mudah dengan KOL.ID

Gaet Influencer untuk Promosikan Brand Lebih Mudah dengan KOL.ID

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:07

Influencer atau KOL (Key Opinion Leader) merupakan individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial lantaran banyak pengikut yang dapat dipengaruhi pandangannya mengenai berbagai topik, termasuk produk atau brand.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill