Connect With Us

Lagi, Wali Kota Tangerang Tolak Penutupan M1

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 4 April 2014 | 18:30

Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta Ditutup (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Terkait rencana penutupan pintu M1, pintu masuk belakang Bandara Soekarno-Hatta, secara permanen oleh PT Angkasa Pura (AP) II, Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah dengan tegas menolak rencana tersebut. Penolakan dilakukan  apabila pihak bandara tidak memberikan jalur alternatif baru.

"Ditutup satu jalur saja masyarakat sudah banyak yang mengeluh karena akses yang sulit dan macet yang menjadi-jadi. Kalau tidak ada jalur alternatif yang kena dampaknya kita. Jadi kita tolak keras sampai memang benar-benar ada alternatifnya dan tidak menjadi masalah baru,” kata Arief, Jumat (4/4).

Arief mengatakan, bila ingin menutup akses gerbang M1 didua sisi, baik masuk dan keluar dijalur yang bisa digunakan ke Bandara Soekarno Hatta, Jakarta dan ke Kabupaten Tangerang, AP II harus menyiapkan jalur alternatif.

Jalur alternatif yang dimaksudkan, lanjut Arief, diantaranya adalah dengan membuka akses Jalan Pembangunan III, Jalan karantina dan menggeser Jembatan Puskesmas Benda. Seluruhnya harus disiapkan AP II dalam pembangunannya.

"Kami juga minta agar pihak bandara untuk instens melakukan koordinasi dengan pemerintah kota," tegasnya.

Selain itu, Arief juga mengancam tidak akan membantu pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI),  dalam pembebasan lahan apabila pihak PT AP II tidak memberikan akses alternatif seperti yang diinginkan Pemkot Tangerang.

"Kalau akses tidak disiapkan, kami tidak akan membantu dalam hal pembebasan lahan yang akan digunakan KAI diwilayah Kota Tangerang," ancamnya.

Seperti diketahui sbeelumnya, PT AP II, selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta  Tangerang mengumumkan akan menutup permanen pintu M1 pada bulan Mei 2014. Berdasarkan informasi, penutupan ini dilakukan karena pihak Kereta Api Indonesia (KAI)  akan mulai memasang bantalan rel jalur kereta api bandara.

Sebenarnya PT AP II telah membangun jalur perimeter utara dan selatan sebagai jalan alternatif kendaraan untuk masuk dan keluar bandara. Namun,  saat uji coba penutupan M1 dan pengalihan arus lalu lintas melalui jalur perimeter, ternyata menyebabkan kemacetan di sejumlah titik jalan Kota Tangerang.

Karena hal itu, Wali Kota Tangerang dengan paksa menutup salah satu jalur perimeter, sehingga uji coba pengalihan arus pun dihentikan.

General Affair Manager Bandara Soekarno-Hatta Yudis Tiawan mengatakan, pihaknya tentu akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah di sekitar Bandara.

 "Kemarin itu kan karena ditanya progres kereta bandara sama wartawan. Itu lah progresnya, kalau koordinasi tentu kita akan berkoordinasi. Pihak bandara tidak akan mungkin berdiri sendiri tanpa support dari pemerintah daerah," tuntasnya.
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

SPORT
Empat Laga Tanpa Kekalahan Selamatkan Persita dari Jurang Degradasi

Empat Laga Tanpa Kekalahan Selamatkan Persita dari Jurang Degradasi

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:17

Persita Tangerang berhasil menyelematkan diri dari zona degradasi usai berhasil menang 4-2 atas Bali United di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Selasa, 30 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill