Connect With Us

14 Pelajar Indonesia Raih Emas Olimpiade Matematika Internasional

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 4 Agustus 2014 | 16:51

14 Pelajar Indonesia Raih Emas Olimpiade Matematika Internasional (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Sebanyak 14 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA Indonesia berhasil meraih medali emas dalam olimpiade International Mathematics Contest  (IMC) yang digelar di Singapura, pada 1 - 4 Agustus 2014.
 
Lomba yang diselengarakan ke 10 kalinya ini diikuti oleh 1.165 siswa dari 9 negara seperti China,  Indonesia, Iran, Korea Selatan, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan dan Thailand.
 
Tim Indonesia sendiri sudah mengikuti tujuh kali lomba tersebut. Tahun ini, Indonesia mengirimkan 129 siswa dari kelas 3 SD sampai kelas 11 SMA, dan mereka berasal dari kota-kota seperti Denpasar, Makassar, Surabaya, Jember, Sidoarjo, Gresik, Solo, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto Pekan baru,  Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
 
Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA  (KPM) Ridwan Hasan Saputra mengatakan, prestasi tim Indonesia pada tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya.  Mereka berhasil meningkatkan prestasi dengan memperoleh 14 medali emas, 26 medali perak, 53 medali perunggu dan 34 merit award.
 
“Jadi sekitar 70 persen siswa indonesia mendapat medali, sedangkan tahun kemarin hanya 50 persen siswa Indonesia yang dapat medali.  Hal ini karena adanya pembinaan yang lebih baik dalam menghadapi kompetisi ini,” jelasnya saat tiba di Terminal 2 E Bandara Soekarno Hatta, Senin (4/8).
 
Pria yang juga menjabat sebagai Pelatih Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar ini menambahakn, kompetisi ini merupakan sarana melatih diri dan juga kesempatan mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.
 
“Ini bisa memacu anak agar selalu giat berusaha guna menoreh prestasi di berbagai bidang. Pemenang juga mendapat sertifikat yang diakui sejumlah sekolah sehingga kalau mau masuk ke sekolah untuk melanjutkan pendidikan bisa lebih mudah tanpa tes,” jelasnya.
 
Salah satu pemenang medali emas, Kinantan Arya Bagaspati, 13, siswa kelas I SMPN Purwokerto mengaku banga bisa memenagkan kompetisi tersebut. Dia sudah tiga kali mengikuti kompetisi tersebut dan selalu meraih emas. Namun  menurutnya kompetisi tahun ini lebih sulit dari sebelumnya. “Soalnya susah-susah tahun ini. Selain itu peserta dari Negara lain juga sulit, saingan yang paling sulit itu dari Cina,” katanya.
 
TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

NASIONAL
Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Sabtu, 4 Mei 2024 | 13:18

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya potensi terbentuknya industri ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

BANTEN
Kisah Inspiratif Srikandi PLN Hadapi Tantangan Hadirkan Layanan Listrik 

Kisah Inspiratif Srikandi PLN Hadapi Tantangan Hadirkan Layanan Listrik 

Jumat, 3 Mei 2024 | 17:45

PT PLN (Persero) memberikan kesempatan bagi para pegawai wanita, atau Srikandi PLN, untuk berperan dalam menjaga keandalan pasokan listrik dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill