Connect With Us

4 Korban Pesawat Express Sudah Kembali ke Papua

Dena Perdana | Rabu, 25 Januari 2017 | 08:00

Ilustrasi Pesawat Express Air (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)

 

TANGERANGNews.com-Pihak maskapai Express Air mengklaim saat akan terbang pesawat  XN 812 yang terpaksa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta setelah sempat 15 menit terbang menuju Sorong, Papua, pada Minggu (22/1/2017) dini hari lalu itu dalam kondisi baik.

 

Direktur Operasional ExpressAir Captain Bambang Hermanto mengatakan, sumber udara yang dipergunakan untuk cabin pressurization system bermasalah. “Hal itu menyebabkan kecepatan naiknya udara di dalam pesawat itu tidak normal," terang  Bambang, Rabu (25/1/2017).

 

Bambang mengaku, kondisi keseluruhan pesawat rute Jakarta-Sorong itu telah dicek sebelum diizinkan terbang.

 

Sebelum take off, kata dia, dari hasil pengecekan dinyatakan pesawat dalam kondisi baik dan siap untuk dioperasikan.

 

“Namun, ketika pesawat lepas landas mendekati ketinggian 18.000 kaki, baru ketahuan sistem tekanan udara di kabin tidak normal,” tuturnya.

 

Namun, begitu berada diatas ketinggian itu. Tekanan udara di dalam kabin tidak cepat atau tidak sesuai dengan ketinggian terbang pesawat. Dampaknya terasa sakit di telinga.

 

Bambang menuturkan, pihaknya menduga saluran yang meneruskan suplai udara terhambat. Sumber udara di kabin berasal dari putaran mesin yang diteruskan untuk masuk ke dalam kabin.

 

Meski begitu, masalah suplai udara pesawat tersebut sudah ditangani. Pesawat yang sempat bermasalah itu telah dioperasikan kembali menerbangkan penumpang ke Sorong pada Senin (23/1/2017) malam.

 

“Empat dari delapan penumpang yang dirawat di Rumah Sakit THT Proklamasi di BSD sejak hari Minggu lalu sudah dipulangkan. Sedangkan penanganan ganti rugi penumpang lain, termasuk urusan refund hingga dialihkan ke penerbangan lain, sudah selesai,” ujarnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Keren, Warga Tangerang Sulap Kulit Jagung Jadi Kerajinan wayang

Keren, Warga Tangerang Sulap Kulit Jagung Jadi Kerajinan wayang

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30

Wayang merupakan budaya asli Indonesia, yang biasanya terbuat dari kulit hewan maupun kayu. Namun, apa jadinya jika wayang dibuat menggunakan kulit jagung.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill