Connect With Us

12.035 Kg Benih Jagung Berbakteri Dimusnahkan

| Jumat, 14 Oktober 2011 | 18:34

Jagung Berbakteri ( / )

TANGERANG-Sebanyak 12.035 Kg benih jagung manis impor dari Thailand dimunahkan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta, Jumat (14/10). Pemusahan dilakukan karena bibit tersebut terjangkit bakteri  berbahaya. Selain Jagung, Petugas juga memusnahkan 108 Kg benih padi asal India dan Singapura, serta 7.850 krisan asal Uganda dengan nilai estimasi lebih dari Rp 2 milyar.
 
Bibit tanaman yang dikemas dalam plastik dan kardus ini dimunahkan dengan cara dibakar di dalam Incenerator dengan disaksikan oleh Kepala Kantor Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta, Ketua Otoritas Bandara Soekarno Hatta dan Kepala Kantor Bea Cukai.
 
Menurut Kepala Kantor Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta Musyaffak Fauzi, bedasarkan hasil pemeriksan laboratorium karantina tumbuhan, bibit tanaman tersebut tidak bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) atau bakteri.
 
“Bakteri ini merupakan penyakit yang dapat mengurangi produksi jagung sampai 40 persen di Indonesia dengan potensi kerugian Rp 11 triliun. Bakteri ini juga dapat menjangkit 80 jenis tanaman lain seperti padi, jeduk, pisang, kopi tomat dan tembakau,” ungkapnya.
 
Bibit tanaman tersebut kata dia, telah ditahan di Balai Besar Karantina Bandara Soekarno Hatta sejak tanggal 4 Agustus 2011. “Semua tanaman impor yang masuk lewat bandara akan di periksa di balai karantina. Jika terbukti terjangkit bakteri, kita punya kewenangan untuk memusnahkannya,” terang Fauzi.
 
Dengan demikian pihaknya melakukan pemusanahan ini dilaksanakan dalam upaya mencegah masuk dan tersebarnya bakteri tersebut di Indonesia. “Pemusnahan berdasarkan UU no 16/1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan serta Peraturan Pemerintah No 14/2001 tentang karantina tumbuhan,” kata Fauzi.(RAZ)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Hardiknas, Kota Tangerang Telah Gratiskan Sekolah hingga Beasiswa sampai Perguruan Tinggi

Hardiknas, Kota Tangerang Telah Gratiskan Sekolah hingga Beasiswa sampai Perguruan Tinggi

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:47

Di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang terus mendorong inovasi dalam pembelajaran dan memastikan agar setiap anak di Kota Tangerang, berhak mendapatkan akses pendidikan yang layak.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill