Connect With Us

Jangan Keliru, Begini Doa Menyembelih Hewan Kurban

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 28 Juni 2023 | 14:39

lapak hewan kurban di Jalan LP Pemuda, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-  Hari Raya Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, telah identik dengan ibadah kurban di masyarakat. Meskipun istilah tersebut mungkin lebih familier bagi sebagian orang daripada Hari Raya Idul Adha, keduanya sebenarnya merujuk pada perayaan yang sama. 

Ibadah kurban dengan menyembelih hewan sesuai syariat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini termasuk dalam kategori sunah muakkad bagi setiap orang Muslim yang baligh, berakal, dan mampu melaksanakannya.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) melalui hasil sidang Isbat resmi menetapkan Kamis, 29 Juni 2023 sebagai Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1444 Hijriah.

Wakil Sekretaris LBM PBNU Alhafiz Kurniawan menjelaskan, sebelum menyembelih hewan kurban, disarankan bagi seseorang untuk berdoa bahwa doa dengan harapan agar Allah menerima ibadah kurban tersebut. Doa yang dianjurkan adalah sebagai berikut dilansir dari NU Online, Rabu, 28 Juni 2023.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm 

Artinya, "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya, hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Selain doa tersebut, Ustadz Alhafiz juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa doa lain yang dianjurkan ketika hewan kurban sudah siap untuk disembelih. Doa-doa tersebut dapat ditemukan dalam kitab-kitab seperti "Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam" karya Sayid Utsman bin Yahya atau "Tausyih ala Ibni Qasim" karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten. 

Berikut adalah tata cara dan doa-doa yang dapat dibaca oleh penyembelih atau penjagal:

  1. Baca "Bismillâh" yang berarti "Dengan nama Allah." Lebih sempurna, dapat dibaca "Bismillâhir rahmânir rahîm" yang artinya "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang."
  2. Baca shalawat untuk Rasulullah saw., yaitu "Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad" yang artinya "Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya."
  3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali, yaitu "Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd" yang artinya "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu."
  4. Baca doa menyembelih, "Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm" yang artinya "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya, hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Perayaan Hari Raya Idul Adha tidak hanya melibatkan ibadah kurban semata, tetapi juga merupakan momen bagi umat Muslim untuk mengingat kebesaran Allah dan belajar tentang pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Semoga doa dan ibadah kurban kita diterima oleh Allah SWT serta memberikan keberkahan bagi umat Muslim di seluruh dunia. 

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill