Connect With Us

PLN Peduli Ubah Kelurahan Juhut Pandeglang Banten Jadi Pusat Agrowisata Kopi

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 15 Desember 2023 | 23:06

Warga Kelurahan Juhut, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengikuti pelatihan sortasi biji kopi pada Jumat, 15 Desember 2023. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui program Desa Berdaya mengadakan pelatihan sortasi biji kopi di Kelurahan Juhut, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Jumat, 15 Desember 2023.

Fokus Program Desa Berdaya PLN di Kelurahan Juhut adalah mengembangkan agrowisata kopi, dipilih karena luasnya lahan produktif kopi dan keberadaan kelompok tani kopi dengan sekitar 400 hektar lahan yang ditanami pohon kopi endemik lokal.

Seluruh proses, dari hulu hingga hilir, harus dilalui untuk mendapatkan produk olahan kopi terbaik. 

Di tengahnya, PLN Peduli melibatkan diri dengan memberikan pelatihan sortasi biji kopi.

Ketua Bummas Jaya Abadi Berkah Mandiri Suherman menyampaikan langkah nyata pelatihan sortasi biji kopi telah ini mendukung peningkatan keterampilan dan pendapatan warga, terutama para ibu di Kampung Sanim.

Menurutnya, kerja sama erat antara Bummas Jaya Abadi Berkah Mandiri dan PLN bertujuan memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi, khususnya melalui sortasi biji kopi, fokus utama pelatihan.

"Pelatihan sortasi biji kopi ini memberikan kesempatan emas bagi para ibu untuk mengembangkan keterampilan baru dan meningkatkan nilai jual produk kopi lokal," kata Suherman.

Dijelaskan Suherman, sortasi biji kopi dipilih karena kopi menjadi komoditas unggulan di wilayah ini. 

Selain itu, Instruktur ahli terlibat dalam pelatihan, sehingga diharapkan mampu memberikan pengetahuan mendalam tentang teknik sortasi biji kopi yang benar, serta pemahaman tentang praktik pertanian berkelanjutan untuk meningkatkan hasil produksi kopi.

Di sisi lain, General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menyatakan, PLN berkomitmen sebagai mitra dalam program Desa Berdaya, berencana untuk melibatkan lebih banyak desa dalam program serupa di masa depan. 

Dia menekankan bahwa kerja sama sektor swasta dan pemerintah menciptakan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.

"Kami akan melanjutkan program-program seperti ini untuk mendukung perekonomian masyarakat khususnya Provinsi Banten," tutupnya.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill