Connect With Us

Benarkah Hujan Bikin Galau Teringat Mantan? Ini Faktanya

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 11 September 2022 | 13:14

Ilustrasi galau. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Musim hujan telah melanda beberapa wilayah khususnya Tangerang. Banyak yang menilai hujan dapat tiba-tiba membangkitkan ingatan tentang kenangan terdahulu seperti masa-masa bersama mantan. Benarkah demikian?

Perubahan emosi akibat hujan tersebut bukan serta merta hanya kebetulan, ternyata secara psikologis hujan dapat membangkitkan emosional baik mendadak mellow, gloomy ataupun meningkatkan mood ketika melihat rintik hujan.

Menurut penelitian dari tim psikolog King’s Colllege London dan University of Southampton di Inggris, perasaan nostalgia karena hujan adalah bentuk upaya menahan tekanan dari cuaca buruk, seperti dilansir dari halodoc, Minggu, 11 September 2022, 

Bangkitnya memori akibat turunnya hujan timbul dari perasaan peningkatan harga diri, pikiran positif, hubungan antar sosial, dan optimisme terhadap hari berat akan dapat dilalui.

Sementara itu, penelitian dengan hasil berbeda diungkapkan dalam Journal of  Experimental Social Psychology. Dalam penelitiannya menyebutkan orang ketika berbelanja di saat hujan lebih berhati-hati dalam memilih belanjaannya, dibandingkan dengan orang yang berbelanja ketika hari cerah.

Penyebabnya, hujan dapat memicu suasana tertentu sehingga kewaspadaan seseorang dalam memutuskan sesuatu akan meningkat. Karena bisa saja dahulu pernah terjadi sesuatu saat hujan, sehingga seseorang akan lebih waspada untuk menghindari pengulangan peristiwa tersebut.

Suara yang ditimbulkan dari hujan ternyata dapat memicu mekanisme psikologis mulai dari refleks batang otak, perubahan mood tersebut ditentukan dari bagaimana otak mencerna apakah suara tersebut merugikan atau tidak.

Tetapi perubahan emosional pun dapat terjadi ketika melihat respon orang-orang di sekitar saat mendengarkan hujan. Misalnya akan ikut bersemangat ketika orang-orang di sekitarnya pun bersemangat begitupula dengan perasaan sedih.

Adapun kenangan di masa lalu saat turunnya hujan akan menentukan kondisi emosional di saat kini yang sangat personal. Misalnya, akan merasa gloomy sebab dahulu pernah punya pengalaman ditinggal kekasih saat turun hujan.

Bisa juga akan merasa berbunga-bunga karena pernah mengendarai sepeda motor dengan kekasih saat hujan deras layaknya adegan di film Dilan 1990.

BISNIS
Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Jumat, 1 Maret 2024 | 20:06

PT Bank Central Asia (BCA) menargetkan dapat memberikan 2.000 sertifikasi halal secara gratis kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2024. Hal ini untuk mendukung produk UMKM bisa diekspor ke berbagai negara.

KAB. TANGERANG
Forum RW Dukung Revitalisasi Pasar Kutabumi Usai Dengar PTUN Tolak Gugatan

Forum RW Dukung Revitalisasi Pasar Kutabumi Usai Dengar PTUN Tolak Gugatan

Jumat, 1 Maret 2024 | 22:58

Ketua Forum RW Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang mendukung revitalisasi Pasar Kutabumi mendengar sosialisasi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menolak tuntutan penggugat.

NASIONAL
Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Sabtu, 2 Maret 2024 | 09:58

Memasuki awal Maret 2024, tanda-tanda musim hujan belum berakhir di sejumlah wilayah di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill