Connect With Us

Pilkades Ulang, IT Ciptaan Programer SMKN 4 Tangerang Unjuk Gigi

| Minggu, 7 Juli 2013 | 21:33

Pilkades di Kabupaten Tangerang. (tangerangnews / Pembaca TangerangNews)

 
 
TANGERANG-Jalannya Pilkades ricuh di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Tangerang memiliki membuat programer SMKN 4 Kabupaten Tangerang unjuk gigi.
 
Ya, meski tanpa melalui putusan Mahkamah Konstitusi (MK), beberapa desa di Kabupaten Tangerang harus mengulang Pilkades. Dan, di Pilkades ulang itulah surat suara yang telah diberi barcode. Kemudian, ditambah sistem informasinya menggunakan program dari SMKN 4, yang menjadi bagian dari panitia.

Camat Tigaraksa Mas Yoyon menjelaskan, pada pelaksanaan Pilkades serentak Minggu 30 Juni lalu, salah satu desa di wilayahnya, yaitu Desa Sodong juga menggunakan sistem barcode.

“Sistem IT ini terbukti, dapat menghindari  seperti pemilih ganda dan pencoblos ‘siluman’. Karena semua sudah terdata disoftware, dan diberi barcode,” terang Yoyon, Minggu (7/7).  

Hambali, salah seorang Tim IT dari SMKN 4 Kabupaten Tangerang mengatakan, surat suara yang dibuat menggunakan barcode tersebut tidak bisa di fotocopy.
“Jadi satu barcode cuma  bisa sekali. Tak akan ada data yang lolos, karena data base-nya sudah dipersiapkan,” tandas Hambali.
 
Hambali pun mengaku senang, akhirnya apa yang sudah diciptakannya bersama tim dengan kerja keras bisa dipergunakan. “Ya, pasti ini jadi seakan memberikan kami kesempatan berkarya,” jelasnya.
 
Asda I  Bidang Pemerintahan dan  Kesejahteraan Rakyat   Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid takjub dengan proses Pilkades ulang dengan sistem tersebut. “Memang sistem informasi yang digunakan seperti ini sangat kecil terjadi kecurangan,” terangnya saat memantau langsung ke TPS Desa Tapos, Kecamatan Tagaraksa.
 
Selain itu, keunggulan lainnya karena lebih cepat. Sedangkan sistem manual lambat dan  rawan dengan adanya kecurangan. “Bisa menjadi evaluasi. Dan, untuk kedepan sistem ini bisa digunakan serentak oleh desa-desa di Kabupaten Tangerang yang melaksanakan Pilkades,” tutupnya. (MOE) 
MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

SPORT
Prediksi Skor Persita vs Bali United, Laga Terakhir Pendekar Cisadane di Liga 1

Prediksi Skor Persita vs Bali United, Laga Terakhir Pendekar Cisadane di Liga 1

Selasa, 30 April 2024 | 08:41

Persita Tangerang akan menjamu Bali United di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, pada Selasa, 30 April 2024, sore.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill