Connect With Us

Peduli Lingkungan, Wartawan Tangerang Bangun Rumah Baca di Teluknaga

Maya Sahurina | Senin, 1 Juli 2019 | 21:59

Para anggota pengurus Rumah Baca Sahabat Pena di Kampung Alang Besar, RT 19/06, Desa Kebon Cau, Kecamatan Telukaga, Kabupaten Tangerang. (TangerangNews/2019 / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Sebuah rumah baca hadir di lingkungan padat penduduk di Kampung Alang Besar, RT 19/06, Desa Kebon Cau, Kecamatan Telukaga, Kabupaten Tangerang.

Rumah Baca Sahabat Pena yang digagas Sri Mulyo, wartawan sebuah surat kabar cetak di Tangerang itu diresmikan kegiatannya pada hari ini, Senin (1/7/2019).

Para anggota pengurus Rumah Baca Sahabat Pena di Kampung Alang Besar, RT 19/06, Desa Kebon Cau, Kecamatan Telukaga, Kabupaten Tangerang.

Bang Sri, sapaan akrabnya, mengaku merasa prihatin dengan kondisi lingkungannya. Tiadanya fasilitas rumah baca, berdampak rendahnya minat warga membaca buku.

Baca Juga :

Di sisi lain, kemajuan teknologi informasi, kata Sri, membuat warga ketergantungan pada gawai (gadget).

"Kondisi ini membuat saya merasa sangat prihatin, sebab tidak ada ruang belajar bersama untuk anak-anak dan remaja. Mereka justru kecanduan media sosial dan game online," ujarnya.

Kehadiran rumah baca yang dikelola bersama beberapa warga setempat yang dibangun dikediamannya, diharapkan dapat memacu semangat belajar anak-anak.

Ia juga berharap, rumah baca itu menjadi ruang bagi remaja setempat untuk melakukan kegiatan positif.

"Jadi tempat berkumpul dan belajar,  diskusi dan kegiatan-kegiatan positif lainnya," tambahnya.

Beragam jenis buku sumbangan dari berbagai pihak telah terkumpul. Namun ia masih mengharapkan koleksi bacaan untuk anak dan remaja semakin bertambah.

"Kami menerima donasi buku, terutama buku bacaan untuk anak dan remaja. Koleksi buku masih perlu kami tambah," imbuhnya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang Asep Musa Permana, yang hadir di lokasi mengatakan, pihaknya sangat mendukung siapa pun yang membangun dan mendirikan taman bacaan bagi masyarakat.

"Kami mendukung penuh inisiasi masyarakat yang membentuk suatu wadah atau tempat bacaan yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat, dan kami akan mengupayakan untuk kebutuhannya," kata Asep.(RMI/HRU)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill