Connect With Us

30 Ribu Pencari Kerja Dilayani Aplikasi Siapkerja Pemkab Tangerang

Tim TangerangNews.com | Senin, 14 Maret 2022 | 15:06

Aplikasi Siapkerja Pemkab Tangerang melayani lebih dari 30 ribu pencari kerja. (@TangerangNews / Diskominfo Kab.Tangerang)

TANGERANGNEWWS.com–Sebanyak 30 ribu lebih pencari kerja diberikan layanan informasi melalui aplikasi 'Siapkerja' Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang. 

Aplikasi bursa kerja virtual ini mencatat sebanyak 30.396 orang para pencari kerja yang mengunduh untuk mendapatkan layanan informasi pekerjaan sesuai keahlian. “Platform digital ini menyajikan pengumuman dan rekruitmen perusahaan yang bisa langsung dilihat oleh para pencari kerja,” kata Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati, dikutip Senin 14 Maret 2022.

Iis mengatakan, saat awal diluncurkan pada 2020 hanya untuk mempermudah pembuatan AK1 (Kartu Kuning) di masa pandemi Covid-19 untuk menghindari kerumunan. “Seiring waktu kami terus menambah fitur baru dalam aplikasi ini, terutama dalam mempermudah para pencari kerja,” ujarnya.

Pada April 2022, lanjut dia, Disnaker Kabupaten Tangerang akan menjalin kerja sama dengan sender.id untuk memberikan layanan pesan singkat resmi kepada pencari kerja sesuai kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

"Jika nanti para pencari kerja mendapatkan pesan melalui Short Message Service (SMS) di handphonenya dengan nama 'NAKERKABTNG' itu resmi dari Disnaker Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada lebih dari 300 perusahaan telah bergabung ke  platform digital bernama 'Siapkerja'. "Jadi ini merupakan job fair virtual, jadi perusahaan kita undang ke 'Siapkerja' dan membuat akun masing-masing. Setelah itu perusahaan bisa menayangkan lowongan pekerjaan," ungkap Iis.

Ia menerangkan, melalui aplikasi 'Siapkerja' yang berfungsi untuk menginformasikan terkait lowongan kerja, juga digunakan sebagai sarana pelaporan keberadaan tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Kabupaten Tangerang. 

"Selain menginformasikan lowongan pekerjaan kita juga ada laporan keberadaan tenaga kerja asing, nah yang punya tanaga kerja asing sudah otomatis (didata)," ujarnya.

Kemudian, jika para calon tenaga kerja ingin mengakses melalui aplikasi tersebut, diminta untuk mendaftar terlebih dahulu, lalu mengisi data diri. Selain itu, mengunggah beberapa persyaratan berupa foto, mulai dari KTP, ijazah, daftar riwayat hidup, serta surat keterangan domisili bagi warga ber-KTP di luar wilayah Kabupaten Tangerang. 

Untuk mengakses layanan tersebut, para calon tenaga kerja bisa mengaksesnya melalui www.siapkerja.tangerangkab.co.id. "Kalau di Kabupaten Tangerang ini kita masih welcome dengan orang luar, tetapi dia harus punya domisili atau memiliki KTP asal Kabupaten Tangerang," tutur Iis.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill