Connect With Us

Ini 5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Ada Ular Masuk Rumah

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 8 Oktober 2023 | 17:31

Sebanyak 30 anak ular kobra yang bersarang di salah satu rumah warga Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, diamankan pihak BPBD Kabupaten Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Warga Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, digegerkan dengan ditemukannya 30 ekor anak ular kobra yang bersarang di bawah lantai teras rumah milik warga pada Sabtu, 07 Oktober 2023, lalu.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat mengatakan, proses evakuasi cukup sulit hingga memakan waktu dua jam lantaran induk dan anak kobra bersikap agresif.

Lalu, bagaimana hal serupa terjadi pada Anda? Pakar satwa liar Caroline Seitz membagikan kiat-kiat yang dapat dilakukan jika ular masuk ke area rumah seperti dilansir dari kanal YouTube vetstreet.com, Senin, 09 Oktober 2023.

1. Periksa dan Segel Titik Masuk

Periksa rumah Anda secara menyeluruh, termasuk loteng dan garasi. Perhatikan celah atau ruang yang dapat menjadi pintu masuk potensial. Segel lubang dengan busa semprot untuk mencegah akses ular.

2. Pintu dan Ventilasi Aman

Pastikan pintu dan ventilasi tertutup rapat. Gunakan pengupasan cuaca untuk menutup celah di bawah pintu dan pasang jaring baja pada ventilasi dengan bukaan tidak lebih dari seperempat inci.

3. Panggil Profesional

Jika Anda yakin ada ular di dalam rumah, hubungi layanan penghilangan hewan profesional yang berlisensi. Mereka dapat menggunakan perangkap manusiawi dan pintu keluar satu arah untuk menangkap dan melepaskan hewan tanpa merugikannya.

4. Jaga Jarak dan Berhati-hati

Jangan mendekati ular lebih dari panjang tubuhnya. Jika Anda menemukan ular di luar rumah, ambil sapu bergagang panjang untuk mengarahkannya keluar. Untuk situasi yang sulit, hubungi departemen pengendalian hewan daerah Anda.

5. Tindakan Darurat

Jika Anda tidak dapat mengamankan ular tersebut sendiri, hubungi perusahaan pemindahan hewan swasta. Beberapa daerah mungkin tidak mengirim petugas pengawas hewan untuk menangkap ular, jadi solusi swasta bisa menjadi alternatif.

Demikian sejumlah tips menghadapi kondisi ketika ular masuk ke dalam rumah. Semoga bermanfaat dan tetaplah waspada!

TEKNO
Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™ 5 Kali Berturut-turut

Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™ 5 Kali Berturut-turut

Jumat, 1 Maret 2024 | 17:58

Telkomsel kembali mendapatkan pengakuan tingkat global dengan meraih gelar Best Mobile Coverage dan Fastest Mobile Network sekaligus dan gelar Best Mobile Network, selama 5 kali berturut dari Ookla® Speedtest Awards™.

HIBURAN
Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Jumat, 1 Maret 2024 | 10:35

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi sejumlah warga melakukan pengejaran terhadap sesosok kuyang.

MANCANEGARA
Anggota Angkatan Udara Tentara Amerika Tewas Usai Bakar Diri, Teriakkan 'Free Palestine'

Anggota Angkatan Udara Tentara Amerika Tewas Usai Bakar Diri, Teriakkan 'Free Palestine'

Selasa, 27 Februari 2024 | 09:27

Aaron Bushnell, 25, seorang anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dilaporkan tewas usai membakar dirinya sendiri di depan kedutaan Israel di Washington DC, Amerika Serikat, Minggu, 25 Februari 2024, 13.00 waktu setempat.

OPINI
Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Setahun terakhir harga beras terus mengalami kenaikan tinggi, bahkan kenaikan harga beras di tahun 2023 nyaris 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill