Connect With Us

Ini 5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Ada Ular Masuk Rumah

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 8 Oktober 2023 | 17:31

Sebanyak 30 anak ular kobra yang bersarang di salah satu rumah warga Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, diamankan pihak BPBD Kabupaten Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Warga Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, digegerkan dengan ditemukannya 30 ekor anak ular kobra yang bersarang di bawah lantai teras rumah milik warga pada Sabtu, 07 Oktober 2023, lalu.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat mengatakan, proses evakuasi cukup sulit hingga memakan waktu dua jam lantaran induk dan anak kobra bersikap agresif.

Lalu, bagaimana hal serupa terjadi pada Anda? Pakar satwa liar Caroline Seitz membagikan kiat-kiat yang dapat dilakukan jika ular masuk ke area rumah seperti dilansir dari kanal YouTube vetstreet.com, Senin, 09 Oktober 2023.

1. Periksa dan Segel Titik Masuk

Periksa rumah Anda secara menyeluruh, termasuk loteng dan garasi. Perhatikan celah atau ruang yang dapat menjadi pintu masuk potensial. Segel lubang dengan busa semprot untuk mencegah akses ular.

2. Pintu dan Ventilasi Aman

Pastikan pintu dan ventilasi tertutup rapat. Gunakan pengupasan cuaca untuk menutup celah di bawah pintu dan pasang jaring baja pada ventilasi dengan bukaan tidak lebih dari seperempat inci.

3. Panggil Profesional

Jika Anda yakin ada ular di dalam rumah, hubungi layanan penghilangan hewan profesional yang berlisensi. Mereka dapat menggunakan perangkap manusiawi dan pintu keluar satu arah untuk menangkap dan melepaskan hewan tanpa merugikannya.

4. Jaga Jarak dan Berhati-hati

Jangan mendekati ular lebih dari panjang tubuhnya. Jika Anda menemukan ular di luar rumah, ambil sapu bergagang panjang untuk mengarahkannya keluar. Untuk situasi yang sulit, hubungi departemen pengendalian hewan daerah Anda.

5. Tindakan Darurat

Jika Anda tidak dapat mengamankan ular tersebut sendiri, hubungi perusahaan pemindahan hewan swasta. Beberapa daerah mungkin tidak mengirim petugas pengawas hewan untuk menangkap ular, jadi solusi swasta bisa menjadi alternatif.

Demikian sejumlah tips menghadapi kondisi ketika ular masuk ke dalam rumah. Semoga bermanfaat dan tetaplah waspada!

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill