Connect With Us

Pemkab Tangerang Latih 12 Orang untuk Operasikan Kapal Penyedot Sampah dari Coldplay

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 29 November 2023 | 02:32

Kapal Neon Moon II bantuan dari band Coldplay beroperasi di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin, 27 September 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kapal Neon Moon II bantuan dari band Coldplay mulai beroperasi membersihkan sampah di Sungai Cisadane, kawasan Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin, 27 September 2023, kemarin.

Kapal berjenis interceptor buatan organisasi lingkungan The Ocean Cleanup ini, dapat mengangkut sampah dengan kapasitas 6 ton per hari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan, setelah diserahkan ke Pemkab Tangerang, kapal pembersih sampah ini akan lebih dulu dilakukan uji coba, sebelum nantinya dioperasikan secara menyeluruh pada awal tahun 2024.

"Kapasitasnya 6 ton per hari. Yang mana, otomatis dengan ini, permasalahan sampah di sungai bisa teratasi," katanya, Selasa, 28 September 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan, untuk memaksimalkan pengoperasian, pihaknya tengah memberi pelatihan kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan Kapal Neon Moon II.

Setelah beroperasi, selanjutnya sampah yang telah diangkut dari Sungai Cisadane akan dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

"Lalu sampah dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk serta didaur ulang, menjadi produk-produk yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat," jelasnya.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill