Connect With Us

Kapasitas 6 Ton, Kapal Penyedot Sampah dari Coldplay Mulai Beroperasi di Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 28 November 2023 | 17:33

Kapal Neon Moon II bantuan dari band Coldplay beroperasi di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin, 27 September 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com- Kapal pembersih sampah jenis Interceptor bernama Neon Moon II mulai beroperasi, tepatnya di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, pada Senin, 27 November 2023.

Seperti diketahui, kapal tersebut merupakan bantuan dari band internasional, Coldplay melalui organisasi lingkungan, The Ocean Cleanup.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengungkapkan, kapal Neon Moon II mampu menampung kurang lebih 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane.

"Selanjutnya, (sampah) dibawa ke penampungan sampah untuk diolah kembali," jelasnya.

Maesyal menyebut, penanganan sampah di Sungai Cisadane bukan hanya tanggung jawab Kabupaten Tangerang, melainkan juga wilayah lainnya yang dilintasi Sungai Cisadane, seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor yang hilirnya di Utara Kabupaten Tangerang.

"Kita semua berharap dengan hadirnya Kapal Neon Moon II ini untuk upaya penanganan sampah terlebih sampai plastik di sungai menjadi lebih baik lagi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi menyampaikan, saat ini pihaknya tengah memberikan pelatihan kepada 12 orang untuk nantinya mengoperasikan kapal Neon Moon II secara penuh pada Januari 2024 mendatang.

Adapun 12 orang tersebut dilatih langsung oleh tim The Ocean Cleanup dari Belanda.

Fachrul memaparkan, rencananya kapal Neon Moon II akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane, kemudian sampah dibawa ke TPS untuk dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipakai kembali oleh masyarakat.

"Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh," pungkasnya.

TEKNO
OPPO Bakal Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

OPPO Bakal Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:56

Produsen pionir teknologi & inovasi, OPPO, kembali menunjukkan komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi terdepan perangkat IoT terkini.

HIBURAN
Disebut Spesial, Ini 5 Fakta Unik Orang Kelahiran 29 Februari 

Disebut Spesial, Ini 5 Fakta Unik Orang Kelahiran 29 Februari 

Senin, 26 Februari 2024 | 08:16

Februari merupakan bulan unik lantaran memiliki tanggal 29 yang hanya muncul setiap 4 tahun sekali.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

MANCANEGARA
Nekat, Mahasiswa Pulang Pergi ke Kampus Naik Pesawat

Nekat, Mahasiswa Pulang Pergi ke Kampus Naik Pesawat

Minggu, 25 Februari 2024 | 18:46

Tim Chen, seorang mahasiswa University of British Columbia (UBC) asala Calgary, Kanada, nekat pulang pergi ke kampusnya menggunakan pesawat terbang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill