Connect With Us

Kapasitas 6 Ton, Kapal Penyedot Sampah dari Coldplay Mulai Beroperasi di Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 28 November 2023 | 17:33

Kapal Neon Moon II bantuan dari band Coldplay beroperasi di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin, 27 September 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com- Kapal pembersih sampah jenis Interceptor bernama Neon Moon II mulai beroperasi, tepatnya di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, pada Senin, 27 November 2023.

Seperti diketahui, kapal tersebut merupakan bantuan dari band internasional, Coldplay melalui organisasi lingkungan, The Ocean Cleanup.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengungkapkan, kapal Neon Moon II mampu menampung kurang lebih 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane.

"Selanjutnya, (sampah) dibawa ke penampungan sampah untuk diolah kembali," jelasnya.

Maesyal menyebut, penanganan sampah di Sungai Cisadane bukan hanya tanggung jawab Kabupaten Tangerang, melainkan juga wilayah lainnya yang dilintasi Sungai Cisadane, seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor yang hilirnya di Utara Kabupaten Tangerang.

"Kita semua berharap dengan hadirnya Kapal Neon Moon II ini untuk upaya penanganan sampah terlebih sampai plastik di sungai menjadi lebih baik lagi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi menyampaikan, saat ini pihaknya tengah memberikan pelatihan kepada 12 orang untuk nantinya mengoperasikan kapal Neon Moon II secara penuh pada Januari 2024 mendatang.

Adapun 12 orang tersebut dilatih langsung oleh tim The Ocean Cleanup dari Belanda.

Fachrul memaparkan, rencananya kapal Neon Moon II akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane, kemudian sampah dibawa ke TPS untuk dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipakai kembali oleh masyarakat.

"Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh," pungkasnya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill