Connect With Us

DKPP Tangerang Bentuk 104 Kebun Untuk Ketahanan Pangan

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 11 Juni 2015 | 18:17

Taman Film Bandung (Istimewa / TangerangNews)


TANGERANG-Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Tangerang tahun ini akan membentuk 104 titik kebun baru di 13 kecamatan se-Kota Tangerang sebagai kelanjutan Program Tangerang Berkebun yang dicanangkan membangun 1.000 kebun.

“Kebun baru tersebut tersebar di 104 kelurahan serta, empat kebun lainnya disiapkan untuk pembentukan kelompok wanita tani (KWT),” kata Kepala DKPP Kota Tangerang Iis Aisyah Rodiah, Kamis (11/6).

Adapun lokasi pembentukan kebun sepenuhnya hasil pengajuan dari pihak kelurahan, yang sebelumnya telah diinventarisir melalui RT/RW. "Lokasi yang ingin dijadikan kebun adalah lahan kosong, bisa berupa lahan fasum-fasos atau lahan pekarangan dekat rumah yang tak memerlukan lahan luas.

"Lalu di setiap kebun yang telah dibentuk akan dikelola warga yang minimal berjumlah lima orang. Untuk pembentukan awal, setiap kebun diberikan pupuk, tanaman, pot tanaman, serta seragam," jelas Iis.

Iis mengutarakan, pengembangan program ini terkait dengan pemanfaatan lahan kosong untuk kebun dalam mendukung ketahanan pangan. Tujuan lainnya yakni dapat memberdayakan masyarakat. “Hasil kebunnya nanti bisa dikonsumsi warga, bahkan bisa pula dijual untuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat," katanya.

Menurutnya, program ini sebagai pengembangan program Tangerang Berkebun yang akan dilanjutkan secara bertahap di setiap tahunnya dengan membentuk kebun-kebun baru di lokasi berbeda-beda. Anggota pengelola kebun pun akan dibina sehingga diharapkan terus berkembang nantinya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

SPORT
Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Kamis, 2 Mei 2024 | 15:24

Jakarta Electric PLN optimistis dapat meraih kemenangan pada pekan kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024, yang akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang.

TANGSEL
Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:22

Seorang satpam Gereja Immanuel di Jalan Maleo Raya, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), jarinya digigit hingga putus oleh juru parkir (jukir) liar.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill