Connect With Us

Suhu Capai 40 Derajat Celsius, Pemkot Tangerang Uji Coba Cat Pendingin Ruangan

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 24 Oktober 2019 | 21:18

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat uji coba mengimplementasikan pengecetan Coolroofs di SDN Pabuaran Tumpeng 1, Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (22/10/2019). (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia dan University of Florida mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi suhu di dalam dan di luar ruangan.

Seperti diketahui, cuaca ekstrem sedang melanda Provinsi Banten terutama Kota Tangerang yang panasnya mencapai 40 derajat celcius.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan, teknologi yang sedang dikembangkan itu adalah Collroofs Project yang diluncurkan dan diujicobakan hari ini.

"Salah satu penelitiannya adalah di luar itu kemarin itu suhunya 32 derajat, tapi di dalam ruangan suhunya 34 derajat. Bahkan di Mayora, yang sedang diteliti itu di dalam kantin suhunya 40 derajat. Makanya setelah diimplementasi pengecetan Coolroofs ini dampak penurunannya seperti apa," ungkap Arief di SDN Pabuaran Tumpeng 1, Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (22/10/2019).

Arief menuturkan, peran Pemkot Tangerang hanya sebagai fasilitator yang menyediakan tempat untuk penelitian dan sumber daya manusia (SDM).

Diharapkan dari implementasi Coolroofs, cat tembok yang dapat menurunkan suhu panas itu dapat meningkatkan kinerja pegawai dan pelajar.

"Kalau 40 derajat kan sumpek banget tuh, panas banget, enggak nyaman. Mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja juga," harap Arief.

Baca Juga :

Wakil Rektor 4 Universitas Pendidikan Indonesia, Didi Sukyadi menjelaskan, cara kerja dari Coolroofs ini, yakni dengan memantulkan cahaya matahari ke udara. Sehingga dapat meminimalisir panas terik matahari untuk masuk ke dalam ruangan.

"Coolroofs adalah cat yang bisa merefleksikan cahaya matahari ke udara sehingga akan lebih adem di ruangan. karena di Tangerang salah satu kota yang suhunya tinggi, banyak pabrik dan lain-lain sehingga suhunya bisa mencapai 40 derajat celsius," terang Didi.

Bila Coolroofs berhasil diimplementasikan, maka masyarakat Tangerang tidak perlu dibebankan lagi untuk membeli pendingin ruangan atau AC. 

"Tidak hanya memasang cat tapi juga mengkaji hubungan antara pemasangan cat dengan penurunan suhu. Penurunan suhu kaitan enggak dengan siswa semakin meningkat konsentrasi atau tidak. Kalau konsentrasi meningkat tentu kan hasil pembelajarannya akan bagus," pungkasnya.(RMI/HRU)

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Keren, Warga Tangerang Sulap Kulit Jagung Jadi Kerajinan wayang

Keren, Warga Tangerang Sulap Kulit Jagung Jadi Kerajinan wayang

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30

Wayang merupakan budaya asli Indonesia, yang biasanya terbuat dari kulit hewan maupun kayu. Namun, apa jadinya jika wayang dibuat menggunakan kulit jagung.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill