Connect With Us

Pasar Muamallah juga terdapat di Tangerang, tetapi tutup selama COVID-19

Redaksi | Minggu, 31 Januari 2021 | 15:40

Masjid An-Nabawi, Banjar Wijaya, Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (31/1/2021). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Terdampak Pandemi COVID-19, Pasar Muamallah di Kota Tangerang tepatnya di area parkir Masjid Nabawi, Banjar Wijaya, Cipondoh, kini berhenti beroperasi sementara. 

Sebelum dihentikan, Pasar Muammallah yang digelar satu bulan sekali sejak tahun 2019  itu menggunakan mata uang dinar dan dirham sebagai alat jual beli. 

Beberapa mata uang dinar dan dirham tersebut masih disimpan petugas marbot maupun satpam masjid. Mereka biasanya menggunakannya untuk  membeli berbagai kebutuhan pokok. 

Tampak beberapa lapak pedagang terlihat. Namun baik pedagang maupun barang yang dijual tidak ada.  Untuk diketahui, keberadaan koin dirham dan dinar memang diperbolehkan di Tanah Air. Namun, penggunaannya hanya sebatas pembayaran zakat, mahar, maupun investasi.

Melansir laman Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (Antam), dijelaskan bahwa dinar dan dirham dikenal sebagai alat perdagangan paling stabil dan sesuai prinsip syariah sejak berabad-abad lamanya. Selain itu, dinar dan dirham dapat digunakan untuk pembayaran zakat, alat investasi, simpanan, dan mahar.

Bentuk dinar dan dirham adalah koin. Dalam hal ini, dinar berupa koin emas dan dirham berbentuk koin perak. Bank Indonesia mengingatkan ancaman pidana jika terdapat transaksi menggunakan alat pembayaran selain rupiah. 

“Biasanya emang untuk membeli telur, beras, dan lainnya. Memang pasar ini ada sejak 2019. Saat ini sudah tidak beroperasi lagi. Waktu itu satu bulan sekali. Alasan menggunakan transaksi itu, soal itu saya enggak tahu. Yang jelas saya dikasih buat belanja barang-barang tersebut,” kata Adi WiboWo, Satpam Masjid An-Nabawi kepada TangerangNews.com

Pasar Muamallah menjadi viral setelah mendapat sorotan dari berbagai pihak untuk pertama kali terjadi di Depok, Jawa Barat. (RED/RAC)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill