Connect With Us

Kerja Sama ITS dan Kominfo, BKPSDM Kota Tangerang Gelar Diklat TIK bagi Guru

Advertorial | Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:33

Pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para guru dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia pegawai secara virtual, Selasa 12 Oktober 2021. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSPDM) menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para guru dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia pegawai.

Dalam diklat gratis tersebut, para aparatur Pemkot Tangerang diberikan kemampuan terkait implementasi teknologi informasi dan komunikasi selama lima hari.

Kepala BKPSDM Kota Tangerang Heryanto mengatakan, diklat tersebut digelar bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Diklat ini untuk pemanfaatan IT bagi guru SD, SMP, dan tenaga non-kependidikan," ujarnya saat ditemui di kantor BPKSDM Kota Tangerang, Selasa 12 Oktober 2021.

Total peserta diklat berjumlah 180 yang didominasi dari Pemerintah Kota Tangerang, yang berjumlah 140 aparatur atau tenaga pendidik SD, SMP, dan pegawai BKPSDM Kota Tangerang. Diklat ini juga digelar secara daring atau online.

Adapun untuk jadwal guru SMP yang menjadi peserta diklat dilakukan selama tanggal 11 sampai 15 Oktober 2021. Sedangkan untuk peserta guru SD mengikuti diklat selama 18 sampai 23 Oktober 2021.

 

"Pelatihan bagi guru ini kami yang mengajukan. Lalu, kita bekerjasama dengan ITS terkait pengajarannya, dan Kemenkominfo terkait fasilitas belajar online," katanya.

Menurutnya, Kemenkominfo menyediakan platform Digital Talent Scholarship berupa Learning Management System (LMS) yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Sedangkan ITS melalui Fakultas Teknologi Informasi sebagai tenaga pengajar diklat.

"Kami memang ingin menjadikan aparatur Pemerintah Kota Tangerang yang bisa melek teknologi. Artinya mampu memanfaatkan teknologi dalam melakukan tugas-tugasnya," katanya.

Pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para guru dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia pegawai secara virtual, Selasa 12 Oktober 2021.

 

Dalam diklat pemanfaatan teknologi itu, peserta wajib login ke akun Digital Talent Scholarship. Di dalam akun itu peserta wajib melakukan pengisian lembar komitmen bahwa peserta harus mematuhi tata tertib diklat.

Adapun dalam diklat juga peserta diharapkan mampu mengoperasikan Microsoft 365. 

Pada hari pertama peserta materi pembelajaran yang diikuti peserta berupa modul penggunaan perangkat lunak pengolah kata MS Word.

Materi hari kedua perangkat lunak lembar kerja (MS Excel). Lalu, materi hari ketiga perangkat lunak presentasi Microsoft Power Point.

 

Sementara materi hari keempat materi Fun Programing, yakni Artificial Intelligence. Sedangkan hari kelima tugas kelompok pemanfaatan Fun Programing.

"Jadi, kami harapkan para aparatur terutama guru bisa bekerja lebih efektif, efisien, dan praktis dengan mampu mengoperasikan perangkat komputer sehingga bisa mempermudah kerjanya," ucap Heryanto.

Heryanto menambahkan, untuk tahun 2021 ini diklat yang bekerja sama dengan ITS ada 12 kegiatan diklat. Adapun rinciannya –selain pemanfaatan teknologi bagi tenaga pendidik– BKPSDM dan ITS juga menggelar sembilan kegiatan diklat keilmuan IPA dan Matematika dan satu kegiatan diklat terkait teknik sipil.(ADV)

MANCANEGARA
Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Senin, 22 Juli 2024 | 08:50

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai penerusnya.

TOKOH
Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:45

Sejumlah partai politik telah menyodorkan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 mendatang, salah satunya ialah sosok Faldo Maldini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill