Connect With Us

Ancaman Cuaca Ekstrem di Tangerang, Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Tim TangerangNews.com | Senin, 1 November 2021 | 15:58

Ilustrasi hujan disertai petir. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem di wilayah Tangerang berupa potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, untuk November ini cuaca ekstrem selain bisa berpotensi terjadi di Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, juga terjadi di wilayah Jakarta, Kota Depok, Kota Bekasi, dan sebagian besar di Bogor. 

“Perlu diwaspadai adanya hujan lebat dengan intensitas lebih besar dari 50 mm per hari. Antisipasi potensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km per jam. Juga ada potensi hujan lebat disertai kilat dan petir,” kata Guswanto dalam keterangannya, Senin 1 November 2021.

Selain itu, Guswanto juga mengingatkan agar diantisipasi potensi hujan es apabila inti kondensasi yang terbentuk di udara masih siap jatuh berupa butiran dan tidak sampai ke Bumi.

Lebih lanjut dia menjelaskan curah hujan tersebut juga bisa mengarah ke sangat ekstrem dengan intensitas 100 sampai 150 mm. “Kita mengkategorikan curah hujan yang jatuh itu ke dalam hujan ringan, hujan sedang, hujan lebat, hujan sangat lebat, dan ekstrem. Untuk 50 mm lebih besar per hari ini kategori hujan lebat. Ini adalah artinya hujan lebat bisa 100, 150 mm, juga bisa sangat ekstrem,”terang Guswanto.

Ia kembali mengingatkan bahwa dengan curah hujan lebih dari 50 mm itu dapat  menyebabkan potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

“Perlu diwaspadai. Kenapa? Dengan hujan lebat seperti ini biasanya dapat diikuti oleh bencana hidrometeorologi apabila kondisi lingkungan itu tidak bagus dan daya dukung, daya tampung, misalkan sungai ataupun drainase perkotaan tersumbat, itu bisa mengakibatkan bencana seperti banjir dan tanah longsor,” jelas Guswanto.

Sehari sebelumnya, Guswanto memperingatkan enam provinsi masuk kategori siaga potensi banjir dan banjir bandang dalam tiga hari ke depan. BMKG meminta sejumlah pengelola daerah agar mengantisipasi potensi cuara ekstrem itu dengan maksimal.

“Enam provinsi yang masuk kategori siaga potensi banjir dan banjir bandang adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan,” ungkap Guswanto, Minggu 31 Oktober 2021.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Persebaya, Pendekar Cisadane Ingin Buktikan Kebangkitan

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Persebaya, Pendekar Cisadane Ingin Buktikan Kebangkitan

Jumat, 23 Februari 2024 | 10:19

Pekan ke-25 lanjutan BRI Ligas 1 musim 2023/2024 antara Persita melawan Persebaya di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Jumat, 23 Februari 2024, sekitar pukul 15.00 WIB.

TANGSEL
Anaknya Diduga Jadi Pembully, Vincent Ogah Buka Sosmed Dua Minggu

Anaknya Diduga Jadi Pembully, Vincent Ogah Buka Sosmed Dua Minggu

Jumat, 23 Februari 2024 | 00:16

Presenter dan musisi Vincent Rompies mengaku sudah tidak membuka sosial media selama dua pekan.

KOTA TANGERANG
Disnaker Kota Tangerang Belum Terima Laporan Pekerja Tidak Dibayar Lembur saat Pemilu 2024

Disnaker Kota Tangerang Belum Terima Laporan Pekerja Tidak Dibayar Lembur saat Pemilu 2024

Jumat, 23 Februari 2024 | 15:06

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menyebut belum ada laporan yang masuk, terkait pekerja yang tidak menerima upah lembur di hari pencoblosan pada Pemilu 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill