Connect With Us

Pemkot Tangerang Mulai Gunakan E-KTP

| Rabu, 5 Januari 2011 | 16:49

Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein saat meresmikan mobil KTP keliling. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS- Guna menertibkan sistem data kependudukan di Kota Tangerang, Pemkot Tangerang mengaku sudah menerapkan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP).   Pemkot Tangerang menjamin, pada akhir 2011 ini nantinya setiap warga Kota Tangerang sejak lahir akan punya sebuah nomor identitas tunggal sepanjang hayat.

Jadi tidak ada lagi nanti warga yang punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda atau justru sama sekali tidak punya kartu identitas.

“Sekarang ini kami sudah menggunakan E-KTP. Hanya belum semua. Bentuknya sama dengan KTP Nasional biasa.  E-KTP adalah nomor indentitas (Single Identity Number/SIN) yang dimiliki setiap warga. Ini adalah proyek pemerintah pusat untuk membenahi permasalahan kependudukan,” ujar Wakil Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, hari ini.
Arief mengatakan, persiapan Pemkot Tangerang pada proyek ini telah dilakukan sejak akhir 2009. Sehingga Kota Tangerang kini telah siap dan optimis bisa menjamin proyek ini selesai pada 2011 ini.

"Kami telah mempersiapkan jaringan dan aplikasi sistemnya dari mulai Kecamatan, Disdukcapil lalu ke  Dinas Informasi Komunikasi Kota Tangerang, hingga ke pusat server BPS, " ujar Arief.

Dia juga menjelaskan, berdasarkan data Pemkot Tangerang jumlah penduduk di Kota Tangerang saat ini mencapai 1,797 juta, atau ada kenaikan jika dibandingkan pada tahun 2008 lalu yang jumlahnya mencapai 1,5 juta saat itu.

Lewat program yang dijalankan dengan teknologi tinggi itu, setiap penduduk akan dibekali oleh negara sebuah KTP elektronik atau E-KTP.Wakil Wali Kota Tangerang menjamin, kartu identitas baru itu sulit untuk digandakan atau dipalsukan mengingat memorinya yang merekam semua data penduduk, termasuk sidik jari sepuluh jari tangannya. 

Semua data pribadi setiap orang itu akan disimpan dengan rapih dan aman di pusat data. “Dan yang paling penting adalah E-KTP itu akan dibagikan dengan gratis kepada semua penduduk. Tidak hanya E-KTP, pembuatan kartu Kepala Keluarga pun gratis tahun ini. Ini adalah proyek Nasional,” terangnya.
 
Butuh Rp1 Miliar

Sekda Kota Tangerang, Harry Mulya Zein mengatakan, dalam menggarap proyek ini pihaknya telah menyediakan anggaran sebesar Rp1 miliar. Uang sebesar itu digunakan untuk mempersiapkan fasilitas untuk melakukan pemuktahiran data. "Saat ini kami sudah dalam proses pemutakhiran data penduduk yang dilakukan melalui dinas kependudukan dengan cara menyebarkan formulir kepada setiap penduduk,” ujarnya. (dira derby)

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill