Connect With Us

Warga Tangerang Budidaya Anggur di Teras Rumah, Panen hingga Belasan Kilogram

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 17 Februari 2023 | 14:02

Budidaya anggur di teras rumah milik Mila, warga Kampung Pakcoy, RT 01, RW 01, Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Mila, warga Kampung Pakcoy, RT 01, RW 01, Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang memanfaatkan teras rumahnya untuk dijadikan lahan budidaya anggur.

Awalnya, Mila hanya menanam sayur-sayuran seperti pakcoy, kemangi, caisim, cabai. Lalu, ia beralih membudidayakan anggur. Hasilnya pun dapat ia gunakan untuk menjadi penghasilan tambahan seperti dilansir dari kanal Youtube Kota Tangerang, Jumat 17 Februari 2023.

"Awal mula menanam anggur tranfigurasi, sama jupiter," ujarnya.

Kegiatan yang dilakoninya sejak setahun lalu ini ternyata berbuah manis. Pasalnya, Mila telah empat kali panen dengan hasil belasan kilogram di setiap panennya.

"Pertama panen 2 kilogram, setahun kesini mulailah 10 kilogram panen. Alhamdulillah sudah ada yang beli bibit, sudah ada yang beli buahnya juga," katanya.

Hingga kini, Mila berhasil membudidayakan berbagai jenis anggur di antaranya jupiter, everest, ninel, tranfigurasi, dan gozv.

Mila pun membina delapan rumah di sekitarnya untuk ikut serta membudidayakan anggur hanya bermodalkan teras rumah dengan teknik yang ia bagikan secara sukarela.

Ia mengaku, budidaya anggur di tengah cuaca Kota Tangerang, terlebih saat memasuki musim hujan memiliki tantangan tersendiri.

"Kita pakai naungan di atapnya, supaya tidak sering kena hujan, kalau kena hujan kan takutnya kena jamur, penyakit, kutu-kutu banyak yang pada nempel," jelasnya.

Untuk merawat anggur-anggurnya agar mendapat hasil yang maksimal, Mila menggunakan sejumlah cara seperti rutin memberikan pupuk, kalsium dari cangkang telur atau dari batang pohon pisang dan kulit pisang.

Kendati demikian, Mila membuka pintu selebar-lebarnya bagi warga kampung lain jika berminat untuk belajar membudidayakan anggur menggunakan halaman teras rumah.

"Kami dari Kampung Pakcoy sangat terbuka menerima dari kampung-kampung lain untuk belajar di sini, biar sama-sama bisa menghasilkan anggur juga," pungkasnya.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Daftar 25 Lokasi Pertandingan POPDA XI Banten di Kota Tangerang, Ada Mal Metropolis hingga Stadion Benteng 

Daftar 25 Lokasi Pertandingan POPDA XI Banten di Kota Tangerang, Ada Mal Metropolis hingga Stadion Benteng 

Senin, 29 April 2024 | 17:59

Kota Tangerang terpilih sebagai tuan rumah dalam penyelanggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill