Connect With Us

Usai Lebaran Yuk Cek Gula Darah Gratis di Puskesmas Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 26 April 2023 | 18:50

Pemeriksaan kesehatan gratis di Puskesmas Kota Tangerang pasca Lebaran, Rabu 26 April 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEW.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis setelah Lebaran. 

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengungkapkan ada baiknya masyarakat segera memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia di 38 Puskesmas di Kota Tangerang, yakni dengan melakukan pemeriksaan gula darah secara gratis.

Apalagi saat Lebaran masyarakat kerap mengonsumsi makanan seperti opor ayam, rendang, semur daging dan kue nastar. makanan tersebut memiliki kandungan seperti santan, garam, lemak dan kolesterol berlebih sehingga dapat memicu berbagai penyakit.

“Yuk, kunjungi puskesmas atau klinik kepesertaan BPJS anda. Melakukan pemeriksaan gula darah, cek kolesterol dan cek asam urat,” imbau dr Dini, Rabu 26 April 2023. 

Ia pun menuturkan, tes gula darah secara rutin dapat membantu mengetahui kondisi kesehatan dan mengendalikan diabetes.

Jadi tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kesehatan yang berhubungan dengan kolesterol, gula darah maupun tekanan darah. 

“Dengan mengetahui hasil pemeriksaan, tentunya kita bisa mencegah penyakit yang dialami semakin memburuk dengan pengobatan yang tepat oleh dokter. Jadi, lebih baik mengetahui diawal atau mencegah, dari pada mengobati sesuatu yang sudah memburuk,” tegas dr Dini. 

Usai medical chek up, masyarakat juga bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga agar tubuh tetap sehat setelah Lebaran. 

Di antaranya tidak makan berlebihan dan memperhatikan jumlah asupan yang dikonsumsi. Minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Batasi asupan makanan berlemak ataupun berminyak, termasuk gorengan.

Ini yang sedikit sulit dilakukan banyak orang, yaitu aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan minimal 15 menit sehari. Tapi ada baiknya, lakukan sedikit olahraga di rumah, untuk kesehatan  dan kebugaran.

"Jadi badan siap untuk kembali beraktvitas seperti sebelum Lebaran atau puasa,” jelas dr Dini.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill