Connect With Us

Cerita Pengelola Mall @ Alam Sutera Tangerang Berusaha Tak PHK Karyawan saat Pandemi Covid-19

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 10 Juni 2023 | 17:35

Mall @Alam Sutera (Sumber Google / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com- Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Tangerang, Mall @ Alam Sutera kian sepi pengunjung imbas pandemi Covid-19. Bahkan, sejumlah kiosnya telah tutup.

Direktur Mall @ Alam Sutera Hendra Tirtawinata mengungkapkan, saat pandemi Covid-19 mal tidak dapat beroperasi lantaran harus ditutup berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Berjalan tanpa diperbolehkan menerima pengunjung, sejumlah kios yang tidak mampu bertahan pun terpaksa tutup.

"Ketika kena pandemi kemarin, kita kena tutup tidak boleh buka beberapa bulan oleh peraturan pemerintah. Ketika kita tutup, income kita kan nol (0), nggak ada income. Karena kan gedungnya tutup nggak boleh beroperasi," ujar Hendra dikutip dari detik.com, Sabtu, 10 Juni 2023.

Meski tutup, Hendra mengaku masih perlu menggelontorkan dana guna merawat dan menjaga keamanan gedung sehingga nantinya siap untuk kembali dibuka.

"Kan nggak mungkin saya biarkan kaya gedung nggak penghuni, pas saya ingin buka lagi gimana? Jadi post (pengeluaran mal) gede," bebernya.

Hendra menuturkan, pengeluaran paling besar berasal dari biaya listrik walaupun saat itu kondisi mal masih tutup sehingga cukup membebani.

Kendati demikian, Hendra menyebut pihak manajemen mal berusaha keras untuk tidak melakukan PHK massal seperti kebanyakan industri bisnis saat pandemi Covid-19.

"Karyawannya kan saya jaga jangan sampai kena PHK. Karyawan mal saya, kecuali karena mereka resign sendiri ya, tapi yang gara-gara pandemi terus kita kurangi itu enggak. Kita pertahankan semaksimal mungkin, jadi boleh dibayangkan beban kita begitu besar," jelasnya.

Usai kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah dicabut oleh pemerintah, kondisi mal @ Alam Sutera mulai membaik secara perlahan.

"Sejak pandemi (kondisi darurat Covid-19) dicabut, kewajiban pakai masker kan juga udah dicabut, itu kan membuat orang jauh lebih nyaman (berkunjung ke mal)," ucapnya.

Bahkan, pada akhir pekan memperoleh kurang lebih 20 ribu pengunjung jauh meningkat dibandingkan pada tahun lalu saat pandemi Covid-19.

Saat ini, mal sedang melakukan renovasi secara bertahap guna mempersiapkan kios-kios baru yang akan segera menempati Mall @ Alam Sutera..

Menurut Hendra, tingkat okupansi mal saat ini sudah berada di kisaran 60 persen dan akan terus meningkat seiring masuknya para kios-kios tersebut hingga berkisar 75 persen.

"Karena (saat ini) dalam proses transisi. Jadi dalam proses transisi ini kalau di mal kan kita lakukan bertahap. Karena kan saya juga harus realistis ya, kalau saya renovasinya sekaligus, sama aja kaya saya bikin mal baru dong dananya juga," katanya.

HIBURAN
Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Rabu, 24 April 2024 | 07:56

Selebgram dan Tiktoker cantik yang sempat viral lewat joget Papi Chulo, Chandrika Chika diamankan polisi usai diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill