Connect With Us

Dimulai 26 Juni, PPDB SMP Negeri di Kota Tangerang Dibuka 4 Jalur Penerimaan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 20 Juni 2023 | 15:05

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang dalam waktu dekat, akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri, pada 26 Juni 2023.

Dalam hal ini, Dindik telah menyiapkan empat jalur penerimaan, yang bisa diikuti seluruh peserta didik lulusan SD/Mi. 

Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaluddin mengungkapkan PPDB SMP Negeri dibuka di 34 SMP Negeri yang tersebar di Kota Tangerang.

Para calon peserta didik, dapat mendaftarkan dirinya melalui empat jalur yang dibuka, mulai dari jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Orangtua dan Jalur Prestasi. 

Terkait daya tampungnya, untuk jalur Zonasi memiliki persentase paling tinggi yaitu 50 persen, jalur Afirmasi 15 persen, jalur Perpindahan orangtua lima persen dan jalur prestasi sebesar 30 persen.

Sedangkan untuk jalur Prestasi, juga memiliki ketentuan sendiri. Di mana lomba-lomba dengan kapasitas lima persen, nilai rapor 20 persen, nilai rapor domisili lima persen.

"Ini hal kecil yang tetap patut diketahui dan dipahami para orangtua atau wali murid saat mendaftarkan anaknya ke PPDB SMP Negeri di Kota Tangerang,” ungkap Jamal, Selasa 20 Juni 2023. 

Ia pun mengimbau, orangtua atau wali murid saat ini untuk lebih dulu memastikan data diri anak telah terdaftar dalam Pra-PPDB yang sudah dibuka sejak 11 April lalu dan akan berakhir 12 Juli mendatang.

"Para-PPDB bisa diakses melalui laman website website prappdb.tangerangkota.go.id," jelas Jamal.

Jamal menambahkan, Pra-PPDB merupakan proses pendaftaran awal calon peserta didik, dengan cara menginput atau melengkapi biodata calon peserta didik dan mengupload dokumen kelengkapan yang dipersyaratkan.

Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi data calon peserta didik untuk mendapatkan Personal Identifucatin Number (PIN).

Petugas akan memberikan PIN melalui pesan whatsapp ke nomor yang diinput orang tua atau wali murid saat menguopload kelengkapan dokumen.

"Langkah ini perlu dilakukan, sebagai langkah singkronisasi pendataan data kependudukan,” jelas Jamal. 

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill