Connect With Us

20 Ribu Warga Kota Tangerang Obesitas, Dinkes Beri Tips Atasi Berat Badan Berlebihan 

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 14 Juli 2023 | 09:52

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang membagikan tips untuk mengatasi obesitas.

Pasalnya, saat ini tengah marak bermunculan kasus obesitas seperti Muhammad Fajri dan Cipto Raharjo yang baru-baru ini viral lantaran memiliki bobot ratusan kilogram.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, obesitas merupakan jalan masuk bagi berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM), sehingga perlu keseimbangan antara jumlah energi yang masuk dan dikeluarkan.

Dini menjelaskan, langkah yang dapat dilakukan yakni dengan menghindari konsumsi minuman ringan dan bersoda, membatasi konsumsi gula, garam dan lemak secara berlebihan, kurangi stress dengan berpikir positif dan mengenali emosi makan, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit dalam sehari.

"Pastinya, ayo bergerak dan rutin menimbang berat badan secara teratur dan tidak ragu melakukan konsultasi ke dokter gizi atau nutrisi," ujarnya pada Jumat, 14 Juli 2023.

Meski begitu, Dini tak menampik sulitnya untuk membiasakan diri berolahraga secara teratur. Untuk itu, Dini menyarankan agar mengatur urutan dalam mengisi piring.

Caranya, kata Dini, diawali dengan sayur kemudian diakhiri asupan karbohidrat. Usahakan piring terisi penuh oleh makanan bergizi sebelum ditambah dengan karbohidrat.

"Jadi piringnya sudah penuh dengan makanan yang sehat dulu sebelum ditambahi karbohidrat," imbuhnya.

Sebagai informasi, Dinkes Kota Tangerang merilis data yang menyebutkan pada Mei 2023 terdapat sebanyak 20 ribu warga Kota Tangerang mengalami obesitas berdasarkan hasil skrining dari sasaran diatas 15 tahun dengan didominasi oleh usia 20 hingga 50 tahun.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill