Connect With Us

20 Ribu Warga Kota Tangerang Obesitas, Dinkes Beri Tips Atasi Berat Badan Berlebihan 

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 14 Juli 2023 | 09:52

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang membagikan tips untuk mengatasi obesitas.

Pasalnya, saat ini tengah marak bermunculan kasus obesitas seperti Muhammad Fajri dan Cipto Raharjo yang baru-baru ini viral lantaran memiliki bobot ratusan kilogram.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, obesitas merupakan jalan masuk bagi berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM), sehingga perlu keseimbangan antara jumlah energi yang masuk dan dikeluarkan.

Dini menjelaskan, langkah yang dapat dilakukan yakni dengan menghindari konsumsi minuman ringan dan bersoda, membatasi konsumsi gula, garam dan lemak secara berlebihan, kurangi stress dengan berpikir positif dan mengenali emosi makan, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit dalam sehari.

"Pastinya, ayo bergerak dan rutin menimbang berat badan secara teratur dan tidak ragu melakukan konsultasi ke dokter gizi atau nutrisi," ujarnya pada Jumat, 14 Juli 2023.

Meski begitu, Dini tak menampik sulitnya untuk membiasakan diri berolahraga secara teratur. Untuk itu, Dini menyarankan agar mengatur urutan dalam mengisi piring.

Caranya, kata Dini, diawali dengan sayur kemudian diakhiri asupan karbohidrat. Usahakan piring terisi penuh oleh makanan bergizi sebelum ditambah dengan karbohidrat.

"Jadi piringnya sudah penuh dengan makanan yang sehat dulu sebelum ditambahi karbohidrat," imbuhnya.

Sebagai informasi, Dinkes Kota Tangerang merilis data yang menyebutkan pada Mei 2023 terdapat sebanyak 20 ribu warga Kota Tangerang mengalami obesitas berdasarkan hasil skrining dari sasaran diatas 15 tahun dengan didominasi oleh usia 20 hingga 50 tahun.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

HIBURAN
Alasan JKT48 Tendang Jeane Victoria dari Grup, Diduga Langgar Aturan

Alasan JKT48 Tendang Jeane Victoria dari Grup, Diduga Langgar Aturan

Kamis, 23 Mei 2024 | 13:00

Grup idol JKT48 resmi mengeluarkan Jeane Victoria dari member lantaran kedapatan diduga berfoto mesra dengan seorang pria.

TANGSEL
Pemkot Tangsel Dorong Lebih Banyak Warga Teribat Bank Sampah dan TPS3R

Pemkot Tangsel Dorong Lebih Banyak Warga Teribat Bank Sampah dan TPS3R

Rabu, 22 Mei 2024 | 22:56

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus mendorong masyarakat terlibat, baik lewat program bank sampah maupun Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-Reduce-Recycle (TPS3R).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill