Connect With Us

Tingkat Ketimpangan Gender di Kota Tangerang Diklaim Terendah Kedua di Banten

Fahrul Dwi Putra | Senin, 28 Agustus 2023 | 19:53

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Jatmiko (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tangerang (DP3AP2KB) mengklaim indeks ketimpangan gender antar perempuan dan laki-laki di Kota Tangerang terendah kedua se-Provinsi Banten.

Hal ini berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten yang menetapkan Indeks Ketimpangan Gender (IKG) Kota Tangerang pada 2022 sebesar 0.32 dan IKG Provinsi Banten adalah sebesar 0.48.

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Jatmiko mengatakan, angka ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam menerapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Pemerintah Daerah.

Menurut Jatmiko, rendahnya angka IKG menunjukkan kesetaraan akses perempuan dan laki-laki dalam berbagai bidang. Artinya, semakin kecil IKG maka semakin setara kedudukan perempuan dan laki-laki dalam suatu wilayah.

"Rendahnya IKG Kota Tangerang ini juga menunjukkan bahwa masyarakat sudah paham dan mengerti tentang kesenjangan kesetaraan gender, dan juga perempuan di Kota Tangerang sudah dapat bersaing dengan laki-laki. Sehingga, ketimpangannya menurun," ujarnya pada Senin, 28 Agustus 2023.

Lanjutnya, rincian komponen IKG Kota Tangerang adalah indikator perempuan tidak melahirkan di fasilitas kesehatan adalah sebesar 0.021.

Sementara itu, indikator perempuan melahirkan hidup pertama berusia

Jatmiko berharap, kesetaraan gender di Kota Tangerang dapat terus membaik, baik dalam pekerjaan atau pun bidang-bidang lainnya tidak didominasi oleh laki-laki. Sehingga, semua orang memiliki kesempatan yang sama dan tidak dibatasi oleh gender.

"Kami harap, tentunya bagaimana semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam bekerja dan juga bidang lainnya tidak dibatasi oleh gender," pungkasnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

NASIONAL
Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Rabu, 1 Mei 2024 | 08:04

Sebanyak 3.454 personel personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa sejumlah massa dari kalangan buruh dalam rangka memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill