Connect With Us

Simak Trik Lulus Uji Emisi Kendaraan

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 13 September 2023 | 16:10

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang melakukan pemeriksaan uji emisi kepada kendaraan yang melintas di Jalan MH Thamrin. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com- Dalam rangka perbaikan kualitas udara di Jabodetabek, para pemilik kendaraan diwajibkan untuk melakukan uji emisi sebagai langkah proaktif dalam menghadapi masalah polusi udara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sopian mengatakan manfaat dari uji emisi rutin, yakni mencakup meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar, memastikan performa mesin yang baik, dan menjaga lingkungan dengan udara bersih. 

"Lingkungan sehat dengan udara yang bersih dapat terwujud hingga kerusakan pada bagian-bagian mesin mobil dapat diketahui," katanya 

Namun, apa yang harus Anda lakukan jika kendaraan Anda tidak lolos uji emisi? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini:

Kendaraan Roda Dua

1. Bertahap Ganti Oli, Filter, dan Busi

Jika kendaraan Anda tidak lolos uji emisi, pertimbangkan untuk mengambil tindakan bertahap. Mulai dengan mengganti oli, filter udara, dan busi. Komponen ini dapat memengaruhi emisi kendaraan Anda.

2. Pembersihan Throttle Body

Jika masalah emisi masih belum teratasi, pertimbangkan untuk membersihkan throttle body. Throttle body yang bersih dapat membantu meningkatkan efisiensi pembakaran dan mengurangi emisi berbahaya.

3. Pastikan Komponen Standar

Pastikan semua komponen yang digunakan pada kendaraan Anda sesuai dengan standar pabrik. Penggunaan komponen yang tidak standar bisa memengaruhi emisi.

4. Perawatan Berkala

Lakukan perawatan kendaraan secara berkala dan rutin. Perawatan yang baik dapat membantu menjaga kondisi mesin dan emisi kendaraan.

Kendaraan Roda Empat

1. Tune-Up Berkala

Kendaraan roda empat memerlukan tune-up berkala. Ini mencakup pengecekan komponen seperti filter udara, busi, dan sistem pembakaran lainnya.

2. Membersihkan Nozzle dan Saringan Pompa Bensin

Jika kendaraan Anda menggunakan injeksi atau pompa bensin, pastikan untuk membersihkan nozzle dan saringan pompa bensin secara berkala.

3. Turun Mesin untuk Pengecekan Maksimal

Jika masalah emisi masih persisten, mungkin perlu melakukan pengecekan lebih mendalam dengan turun mesin. Ini akan membantu mengidentifikasi masalah yang lebih kompleks.

WISATA
Benton Junction Karawaci, Tempat Nongkrong Asyik dengan Deretan Kuliner Kekinian

Benton Junction Karawaci, Tempat Nongkrong Asyik dengan Deretan Kuliner Kekinian

Jumat, 19 Juli 2024 | 17:03

Benton Junction di area Supermall Karawaci Tangerang, menghadirkan tenant-tenant kuliner terkini yang semakin lengkap untuk menarik pengunjung khususnya di area tersebut.

TEKNO
Bahaya, Segera Hapus Jejak Digital di Internet dengan Cara Ini

Bahaya, Segera Hapus Jejak Digital di Internet dengan Cara Ini

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:45

Segala aktivitas di dunia maya meninggalkan jejak digital yang berisi informasi tentang aktivitas penggunanya.

KOTA TANGERANG
Bacalon Wakil Wali Kota Tangerang Andri S Permana Copot Ratusan Baliho Kampanyenya Sendiri

Bacalon Wakil Wali Kota Tangerang Andri S Permana Copot Ratusan Baliho Kampanyenya Sendiri

Minggu, 21 Juli 2024 | 23:17

Bakal Calon (Bacalon) Wakil Wali Kota Tangerang Andri S Permana bersama Jaringan Pemenangan Barisan Andri S Permana (Jangan Baper) melakukan pencopotan baliho kampanyenya di Kota Tangerang, Minggu 21 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill