Connect With Us

Simak Trik Lulus Uji Emisi Kendaraan

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 13 September 2023 | 16:10

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang melakukan pemeriksaan uji emisi kepada kendaraan yang melintas di Jalan MH Thamrin. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com- Dalam rangka perbaikan kualitas udara di Jabodetabek, para pemilik kendaraan diwajibkan untuk melakukan uji emisi sebagai langkah proaktif dalam menghadapi masalah polusi udara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sopian mengatakan manfaat dari uji emisi rutin, yakni mencakup meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar, memastikan performa mesin yang baik, dan menjaga lingkungan dengan udara bersih. 

"Lingkungan sehat dengan udara yang bersih dapat terwujud hingga kerusakan pada bagian-bagian mesin mobil dapat diketahui," katanya 

Namun, apa yang harus Anda lakukan jika kendaraan Anda tidak lolos uji emisi? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini:

Kendaraan Roda Dua

1. Bertahap Ganti Oli, Filter, dan Busi

Jika kendaraan Anda tidak lolos uji emisi, pertimbangkan untuk mengambil tindakan bertahap. Mulai dengan mengganti oli, filter udara, dan busi. Komponen ini dapat memengaruhi emisi kendaraan Anda.

2. Pembersihan Throttle Body

Jika masalah emisi masih belum teratasi, pertimbangkan untuk membersihkan throttle body. Throttle body yang bersih dapat membantu meningkatkan efisiensi pembakaran dan mengurangi emisi berbahaya.

3. Pastikan Komponen Standar

Pastikan semua komponen yang digunakan pada kendaraan Anda sesuai dengan standar pabrik. Penggunaan komponen yang tidak standar bisa memengaruhi emisi.

4. Perawatan Berkala

Lakukan perawatan kendaraan secara berkala dan rutin. Perawatan yang baik dapat membantu menjaga kondisi mesin dan emisi kendaraan.

Kendaraan Roda Empat

1. Tune-Up Berkala

Kendaraan roda empat memerlukan tune-up berkala. Ini mencakup pengecekan komponen seperti filter udara, busi, dan sistem pembakaran lainnya.

2. Membersihkan Nozzle dan Saringan Pompa Bensin

Jika kendaraan Anda menggunakan injeksi atau pompa bensin, pastikan untuk membersihkan nozzle dan saringan pompa bensin secara berkala.

3. Turun Mesin untuk Pengecekan Maksimal

Jika masalah emisi masih persisten, mungkin perlu melakukan pengecekan lebih mendalam dengan turun mesin. Ini akan membantu mengidentifikasi masalah yang lebih kompleks.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Rabu, 1 Mei 2024 | 08:04

Sebanyak 3.454 personel personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa sejumlah massa dari kalangan buruh dalam rangka memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional

TANGSEL
Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 12:08

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel tahun 2024, tinggal menghitung beberapa bulan lagi. Namun sejauh ini, belum tampak ada tanda-tanda kandidat penantang sang petahana, Benyamin Davnie.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill