Connect With Us

Lulusan Pelatihan Instalasi Listrik di BLK Kota Tangerang Dapat Sertifikasi Keahlian

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 18 Oktober 2023 | 22:49

Peserta pelatihan instalasi listrik melakukan praktek di BLK Cibodasari, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Kamis 19 Oktober 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pelatihan kerja berbasis instalasi listrik untuk angkat pertama di Balai Latihan Kerja (BLK) Cibodasari, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, mulai digelar, Kamis 19 Oktober 2023.

Pada angkatan ini, sekitar 20 peserta mengikuti pelatihan yang akan berlangsung hingga 22 November mendatang.

Kepala BLK Kota Tangerang Yasin Surya mengungkapkan pada hari pertama pembukaan kelas instalasi listrik, secara proses masih sekadar pengenalan pelatih atau mentor, dan pengenalan satu sama lain para peserta.

Namun, ditahap awal ini juga ada sedikit melakukan pengenalan pada alat-alat yang digunakan atau dibutuhkan, saat proses pengerjaan instalasi listrik.

"Harapannya, semangat atau antusias para peserta dapat terbangun sejak hari pertama pertemuan,” ungkap Yasin.

Ia pun menuturkan, selama pelatihan seluruh peserta akan mengikuti pelatihan dengan dua kategori, yakni materi dan praktik.

Diakhirnya, ditutup dengan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), jika dinyatakan lulus. 

“Selama pelatihan seluruh peserta memang benar-benar diberikan ilmu secara nyata hingga dipastikan bisa atau paham pada bidang kelasnya. Standarnya, kemampuan yang mereka miliki pasca mengikuti BLK, benar-benar standar masuk atau laik bekerja di perusahaan,” jelas Yasin.

Jelang akhir tahun 2023, BLK Kota Tangerang masih akan membuka satu kelas pelatihan lagi, yakni kelas Teknik Otomotif Mobil yang akan dibuka pada November mendatang. 

Dengan itu, masyarakat Kota Tangerang diimbau untuk terus memantau informasinya di Instagram @blk_kotatangerang.

"Jangan terlambat, karena setiap satu kelas yang dibuka, pendaftar yang masuk bisa hingga 80 orang sedangkan kuotanya hanya 20 orang saja,” kata Yasin.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang melalui Disnaker Kota Tangerang memiliki empat lokasi BLK yang dapat diakses masyarakat secara gratis. Di antaranya di Kecamatan Benda, Kecamatan Cibodas, Kecamatan Larangan dan Kecamatan Cipondoh.

BLK Kota Tangerang memiliki delapan kelas pelatihan yang dilatih langsung oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya, yakni operator komputer, desain grafis, menjahit, tata boga, servis motor, servis mobil, instalasi listrik, perhotelan, dan teknik pendingin.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:47

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, dengan mancing bersama buruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 1 Mei 2024.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill